Trik Menyimpan Makanan agar Tahan Lebih Lama

Raka Lestari    •    Senin, 02 Apr 2018 13:42 WIB
tips & trik
Trik Menyimpan Makanan agar Tahan Lebih Lama
Berikut ini tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan makanan agar tetap bertahan lama. (Foto: Jasmine Waheed/Unsplash.com)

Jakarta: Dengan menyimpan makanan dengan benar, tidak hanya menyelamatkan makanan-makanan Anda namun juga bisa membuat lebih hemat. Tapi ada trik atau cara untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan makanan-makanan tersebut agar bisa bertahan lama.

Berikut ini tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan makanan agar tetap bertahan lama dilansir dari Rd.com.

1. Selai kacang
Membalik kemasan botol selai kacang untuk membuat minyak alami yang terdapat dalam selai kacang menyebar secara rata ke seluruh bagian botol adalah cara yang tepat untuk membuat selai kacang menjadi lebih creamy. Sebelum membaliknya, pastikan selai kacang ditutup dengan kencang untuk menghindari minyak yang tumpah. 

2. Keju
Bungkus keju dalam bahan berpori. Jika Anda tidak memiliki cheese paper, parchment paper juga masih bisa digunakan dan berfungsi. Hindari kertas timah dan bungkus plastik yang sangat ketat. Kekurangan oksigen bisa menyebabkan keju jadi cepat kering.


(Membalik kemasan botol selai kacang untuk membuat minyak alami yang terdapat dalam selai kacang menyebar secara rata ke seluruh bagian botol adalah cara yang tepat untuk membuat selai kacang menjadi lebih creamy. ?Foto: Efe Kurnaz/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Sepotong Keju Setiap Hari Bantu Kurangi Peluang Penyakit Jantung)

3. Brown sugar 
Pindahkan ke wadah plastik kedap udara dan sertakan barang lembap seperti marshmallow, sepotong roti, atau potongan apel. Brown sugar akan menyerap kelembapan dan menjadikannya tetap lembut. 

4. Mayones
Simpan mayones di pintu kulkas. Jika Anda menyimpannya pada bagian dalam lemari es, mungkin terlalu dingin yang akan menyebabkannya terpisah dan mengandung minyak di bagian atas botol. Jika disimpan di pintu kulkas, mayones akan bertahan dua hingga tiga bulan setelah tanggal pembelian.

5. Tepung 
Biarkan tepung gandum utuh tetap dingin. Kadar minyak yang tinggi dalam bibit gandum, salah satu bahan pokok pembuat kue ini menjadi tengik jika disimpan di dapur terlalu lama. Jika Anda jarang menggunakannya, simpan dalam wadah kedap udara di lemari es, di mana ia bisa bertahan dua hingga enam bulan. 








(TIN)