Cara Mencegah Si Kecil Tenggelam

Raka Lestari    •    Jumat, 06 Jul 2018 08:31 WIB
keluarga
Cara Mencegah Si Kecil Tenggelam
Melakukan pengawasan terhadap anak-anak Anda merupakan hal yang terpenting ketika mereka sedang berada di dalam air. (Foto: /Unsplash.com)

Jakarta: Mengajak anak-anak pergi ke kolam renang ketika memasuki musim panas mungkin akan terasa menyenangkan bagi mereka.

"Dan meskipun banyak orang tua yang sudah mengetahui cara agar tetap aman selama berada di dalam air, kenyataannya masih banyak kasus anak-anak yang tenggelam ketika sedang berada di kolam renang," ujar Emily Samuel, senior program manager di  Safe Kids Worldwide, sebuah organisasi nonprofit yang bertujuan untuk menjaga anak-anak agar mereka aman dari kasus cedera dan kematian yang tidak disengaja.

"Ketika seorang anak tenggelam, itu akan terjadi secara cepat dan tidak terdengar sehingga Anda tidak akan mendengar suara tangisan mereka atau teriakan mereka sehingga orang tua perlu mengambil langkah esktra untuk keamanan," katanya kepada TIME.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menjaga anak-anak tetap aman ketika berada di air.

(Baca juga: Fakta-fakta Mengenai Kolam Renang Anak)


(CDC merekomendasikan agar orang tua membersihkan mainan-mainan tersebut setelah tidak digunakan lagi agar anak-anak tidak tergoda untuk mengambilnya. Foto: Vicko Mozara/Unsplash.com)

1. Usahakan tetap mengawasi anak Anda
Melakukan pengawasan terhadap anak-anak Anda merupakan hal yang terpenting ketika mereka sedang berada di dalam air, ujar Samuel.

"Pastikan Anda memerhatikan anak-anak tanpa ada gangguan," katanya. Samuel menyarankan agar orang tua bergantian menjaga anak-anak mereka agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada anak Anda.

2. Ajarkan anak-anak untuk berenang
Menurut USA Swimming Foundation, mengajarkan anak-anak untuk berenang dapat membantu mengurangi kemungkinan seorang anak karena tenggelam sebanyak 88 persen. Sebuah studi pada tahun 2017 juga menemukan bahwa anak-anak yang takut tenggelam biasanya memiliki kemampuan renang yang rendah atau bahkan tidak memiliki keterampilan renang sama sekali. 

"Kami harus terus berusaha memperkenalkan anak-anak untuk berenang dan mendorong pesan penting bahwa belajar berenang dapat menyelamatkan hidup Anda," ujar Debbie Hesse, direktur eksekutif di USA Swimming Foundation.

3. Pasang pagar di sekitar kolam renang
Sebuah penghalang yang cukup besar dan terlihat dapat mencegah anak-anak bermain atau berkeliaran di kolam renang di area rumah Anda. Centers for Disease Control (CDC ) merekomendasikan bahwa orang tua yang memiliki kolam renang di rumah memasang pagar empat sisi dengan tinggi minimal empat kaki.

Yang terpenting adalah agar para orang tua memasang pagar yang tidak mudah dipanjat oleh anak-anak agar mereka tidak pergi ke kolam renang tanpa pengawasan.

4. Singkirkan mainan di dalam kolam renang 
Anak-anak akan sangat mudah tergoda ketika melihat mainan-mainan yang penuh dengan warna di dalam kolam renang dan memiliki kemungkinan terjatuh ke dalam kolam renang ketika mencoba untuk mengambilnya.

CDC merekomendasikan agar orang tua membersihkan mainan-mainan tersebut setelah tidak digunakan lagi agar anak-anak tidak tergoda untuk mengambilnya.




(TIN)