Ragam Makanan yang Sebaiknya Tak Disimpan dalam Freezer

Raka Lestari    •    Jumat, 05 Jan 2018 08:00 WIB
tips & trik
Ragam Makanan yang Sebaiknya Tak Disimpan dalam Freezer
Menyimpan telur yang masih utuh ke dalam lemari es sangat tidak dianjurkan karena kulit bisa retak dan rentan masuk bakteri. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Lemari pendingin atau freezer adalah alat yang tepat bagi Anda yang memiliki segudang kesibukan untuk menyimpan makanan-makanan. Tapi ternyata tidak semua makanan bisa disimpan dalam lemari es. Bahkan jika Anda salah menempatkan makanan yang seharusnya tidak disimpan dalam lemari es akan membuat makanan menjadi kotor atau bahkan bisa berisiko pada kesehatan. 

Berikut ini adalah makanan-makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam freezer dikutip dari Reader's Digest: 

1. Susu
Susu yang disimpan dalam lemari es atau freezer dapat menjadi bagian yang menggumpal dan bagian yang berair saat dicairkan. Masih aman untuk dimakan, namun kondisi tersebut bukanlah kondisi yang terbaik bagi susu untuk dikonsumsi. 

2. Kentang 
Kentang memiliki kandungan air yang tinggi, jadi setelah disimpan dalam lemari es kentang akan berubah menjadi lembek setelah dicairkan. Namun jika Anda memasukkan kentang yang sudah dimasak ke dalam lemari es tidak akan menyebabkannya menjadi lembek karena tekstur kentang tidak akan banyak berubah setelah dimasak. 


(Menyimpan keju lembut dalam lemari es sama saja seperti menyimpan susu dalam lemari es dan itu tak baik. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Tips Memasak dengan Wadah Porselen)

3. Gorengan 
Makanan yang digoreng akan kehilangan kerenyahannya jika Anda memasukkan sisa gorengan Anda ke dalam lemari es. Dan tentunya gorengan yang sudah lembek tidak menggugah selera sama sekali. 

4. Telur utuh
Menyimpan telur yang masih utuh ke dalam lemari es sangat tidak dianjurkan. Kandungan air di dalam telur mengembang saat beku yang bisa menyebabkan kulit terluar retak dan rentan terhadap bakteri. Jika Anda ingin membekukan telur Anda, keluarkan telur dari cangkangnya, kocok hingga rata, dan simpan dalam wadah kedap udara. 

5. Keju lembut
Menyimpan keju lembut dalam lemari es sama saja seperti menyimpan susu dalam lemari es. Ketika akan dicairkan jenis keju seperti cream cheese, sour cream, dan ricotta cheese akan menjadi berair yang bisa menyimpan tekstur makanannya. 

6. Buah dan sayuran mentah 
Sayur dan buah yang memiliki konsentrasi air tinggi, seperti seledri, mentimun, selada hijau, dan semangka tidak akan bertahan dalam freezer karena air di dalamnya membentuk kristal es dengan cepat. Saat Anda mencairkannya, sayuran dan buah-buahan tersebut akan lembek dan berair yang membuat Anda tidak berselera untuk memakannya. 








(TIN)