Studi: Waktu Maksimal Anak Bermain Gawai adalah 90 Menit per Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 25 Nov 2017 16:21 WIB
perkembangan anak
Studi: Waktu Maksimal Anak Bermain Gawai adalah 90 Menit per Hari
Studi: Waktu Maksimal Anak Bermain Gawai adalah 90 Menit per Hari (Foto: istock)

Jakarta: Sebuah studi menyebutkan bahwa anak-ank yang menghabiskan banyak waktu menggunakan teknologi lebih rentan mengalami obesitas.

Sebuah kelompok yang fokus pada kesehatan anak menemukan adanya hubungan yang kuat antara peningkatan angka anak obesitas dengan keseringan terpapar media sosial.

Dalam penelitian sederhana tersebut, mereka memperingatkan para orang tua untuk membatas anak bermain gawai dengan waktu maksimal 90 menit per hari.

"Orang tua sebaiknya membatasi waktu anak menonton TV dan penggunaan komputer atau gawai tidak lebih dari 1,5 jam dan hanya diperuntukkan untuk anak yang berusia di atas 4 tahun," saran pemimpin studi Dr Adamos Hadjipanayis.

Selain itu, ia menambahkan, dokter anak harus menginformasikan orang tua tentang risiko umum dari kebiasan tersebut pada perkembangan kognitif dan fisik anak.

Para peneliti menemukan bahwa rata-rata balita menghabiskan waktu berjam-jam menonton TV.

Ketika menginjak usia 9 tahun, anak-anak menghabiskan waktu hingga 7 ham per hari dan menghabiskan waktu lebih banyak pada media digital lainnya.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Acta Paediatrica tersebut mengungkapkan bahwa tak mudah menghindari paparan tersebut, mengingta 97 persen rumah tangga di Eropa memiliki setidaknya satu televisi dan 72 persen lainnya memiliki akses komputer.

Para peneliti percaya bahwa kebiasaan tersebut berkontribusi pada epidemik obesitas pada anak di Eropa, yang telah menjadi lazim dalam 25 tahun terakhir.

Mereka juga menemukan bahwa penggunaan media tersebut saat larut malam dapat mengganggu pola tidur orang dewasa muda, sehingga meningkatkan risiko obesitas.

Para peneliti menyarankan agar para orang tua menjadi contoh bagi anak dengan mengurangi waktu di depan layar, terutama saat bersama si kecil.

 


(ELG)