Untuk Meraih Sukses Bisnis, Lakukan Langkah Ini

M Studio    •    Kamis, 03 Nov 2016 11:45 WIB
beasiswa osc
Untuk Meraih Sukses Bisnis, Lakukan Langkah Ini
Anda bisa menjadi entrepreneur muda dengan belajar dari para praktisi yang berpengalaman (Foto:Fullhdpictures.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak mudah membangun startup yang sukses. Banyak tantangan yang akan dihadapi sebelum meraih puncak sukses.

Setidaknya, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan stratup agar bisa berhasil. Salah satunya, memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki bangsa.

Indonesia memiliki kelebihan yang bisa dimanfaatkan untuk perusahaan startup, yaitu kebiasaan orang Indonesia yang suka berkumpul. Hal ini membuat para pelaku startup memanfaatkan kesenangan berkumpul untuk melakukan koneksi dan kolaborasi.

Amat disayangkan jika para startup Indonesia berasal dari latar belakang yang sama. Kolaborasi yang mereka lakukan biasanya masih dengan teman ataupun dengan kompetensi yang sama. Ini yang akan membuat startup di Indonesia susah maju. Hal ini juga yang membuat Rama Notowidigdo, CPO Go-Jek pulang ke Indonesia setelah lebih dari 23 tahun berkarya di Silicon Valley untuk berkontribusi kepada negeri.

Salah satu transformasi yang dilakukan Rama adalah mendidik timnya supaya tidak lagi bekerja berdasarkan proyek, tetapi dituntut meciptakan produk baru. Alhasil, mereka punya inisiatif dan kreativitas, tidak lagi menunggu permintaan dari pelanggan. Mereka harus berpikir secara jangka panjang.

"Pada dasarnya orang Indonesia secara pengetahuan dan keahlian sangat menguasai, namun perlu diarahkan dan dibimbing melalui program coaching dan mentoring dari orang-orang yang telah berpengalaman dan ahli di bidangnya," ujar Rama.  

Selain itu, membangun sebuah bisnis tidak semudah yang orang lihat. Ketika bisnis itu telah dikenal, sebagian orang hanya melihat nikmatnya sukses, tanpa menoleh pada proses panjang di belakangnya.

Membangun bisnis mudah, yang sulit adalah mengembangkannya. Salah satu kunci bisnis dapat bertahan adalah menjadikan kegagalan sebagai temanmu, karena Anda harus selalu menerima risiko yang mungkin terjadi, seperti turunnya minat orang-orang untuk mengonsumsi bisnis Anda.

Dengan kata lain, dengan menjadi pebisnis, Anda akan memiliki mental yang kuat dalam mengalami kegagalan. Anda juga akan terlatih menjadi kreatif. Mengapa kreatif? Karena Anda dituntut membuat strategi unik yang dapat membuat bisnis tersebut unggul.

Dapat disimpulkan bahwa memiliki bisnis sangat menyenangkan. Anda dapat secara total mengurus segala macam urusan dalam bisnis. Dengan berbisnis, Anda dapat merasakan manisnya hasil dari bisnis itu dan merasakan pahit serta sulitnya mencari uang. Anda akan mendapatkan sejuta pengalaman yang tidak semua orang memilikinya.

So, what are you waiting for? Yuk, bangun dan kenalkan bisnismu! Kalau bisa sukses di usia muda, kenapa mesti menunggu tua? Ini saatnya Anda menjadi entrepreneur muda. Belajar dari para praktisi yang sudah berpengalaman.

Untuk itu, Young On TOP menggelar Startup Connext Conference 2016. Sebuah event akbar yang akan menggabungkan workshop dan seminar menjadi satu kesatuan dengan tujuan mengkoneksikan para pengusaha muda  di Indonesia dengan para mentor, sekaligus investor ternama di dunia bisnis dalam suatu event akbar. Akan ada sesi khusus networking dengan seluruh peserta, sekaligus dengan para investor dan mentor ternama di Indonesia dalam satu area.

Setiap peserta dapat mengikuti seminar bersama Kevin Mintaraga (CEO Bridestory), Andy Zain (Managing Director Kejora Ventures), Danny Oei Wirianto (GDP Ventures), Rama Notowidigdo (CPO Go-Jek) dan lain-lain. Selain itu, ada tiga kelas workshop dari enam kelas workshop yang tersedia dengan tema dan pembicara yang ahli di bidang masing-masing yaitu, Branding & Marketing, Vision & Ideas, How Social Media Can Scale UP Your Business, Pentingnya Sebuah Kontrak Dalam Bisnis, How To “Pitch Deck” to Investor dan The Important Things Financial Management in Business.

Segera daftarkan diri Anda di sini atau melalui WhatsApp di nomor 085888838247.


(ROS)