Rainbow Baby, Bayi Pemberi Harapan Baru

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 10 May 2018 09:30 WIB
keluarga
Rainbow Baby, Bayi Pemberi Harapan Baru
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Setiap bayi spesial. Namun, bayi pelangi atau rainbow baby merepresentasikan harapan baru karena bayi ini lahir setelah orang tua mengalami kehilangan seperti keguguran, kelahiran mati, atau bayi meninggal. 

"Setelah kehilangan bayi, akan muncul keputusasaan. Namun, ketika hal tersebut berganti dengan harapan, hidup kembali terasa nyata," ujar psikolog anak Dr Vanessa Lapointe pada SheKnows

Penyebutan bayi pelangi juga mengingatkan kita pada bayi yang hilang. Ini adalah cara yang indah bagi keluarga untuk dapat mempertahankan hubungan itu dalam sistem keluarga mereka."

Selain itu, konsep bayi pelangi juga membantu orang tua dalam memproses berbagai perasaan bersalah dan berdamai dengan kesalahan yang mungkin mereka tanggung pada diri mereka sendiri karena kehilangan anak mereka yang lain.

"Mencoba untuk hamil bayi lain sambil mengabadikan pengalaman kehilangan bayi sebelumnya mendukung fondasi dari keputusasaan yang dikelola, harapan yang dipulihkan dan diperkuat dengan prospek membawa kehidupan baru ke dalam keluarga," kata psikoterapis Dr Mayra Mendez. 

Merayakan bayi pelangi memberi orang tua perspektif yang membantu mereka beralih dari menyalahkan diri sendiri untuk mengakui kekuatan dan pencapaian mereka melalui kehidupan bayi mereka, simpulnya. 

Lihat video:





(DEV)