Cara Memperkenalkan Anak ke Bioskop

Raka Lestari    •    Kamis, 16 Aug 2018 10:00 WIB
keluarga
Cara Memperkenalkan Anak ke Bioskop
Menurut Vera Itabiliana, Psi, seorang psikolog anak dan keluarga, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika memperkenalkan anak-anak ke bioskop. (Foto: Erik Witsoe/Unsplash.com)

Jakarta: Mengajak anak-anak ke bioskop, memerlukan perhatian khusus. Hal ini karena anak-anak biasanya masih belum bisa fokus dalam waktu yang cukup lama.

Sehingga terkadang, mereka akan merasa mudah bosan dan jika Anda memaksa anak-anak untuk tetap menonton film yang terjadi adalah mereka akan mengganggu kenyamanan orang lain yang juga sedang menonton. 

"Untuk batasan usia membawa anak-anak ke bioskop sebenarnya tidak ada, namun harus dipikirkan terlebih dahulu ketika anak-anak dibawa ke dalam bioskop apakah mereka merasa nyaman atau tidak," ujar Vera Itabiliana, Psi, seorang psikolog anak dan keluarga, dalam acara peluncuran dan exclusive preview Cinemaxx Junior di Kawasan Pluit, Jakarta Utara, Rabu, 15 Agustus 2018. 

Menurut Vera, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika memperkenalkan anak-anak ke bioskop. 

"Kalau perlu, diperkenalkan terlebih dahulu di rumah. Misalnya saat menonton di kamar, lampunya dimatikan seperti suasana di dalam bioskop. Anda juga bisa mencoba dengan memasang volume suara yang agak keras. Karena terkadang anak-anak merasa tidak nyaman karena lampu yang gelap dan suara yang keras di dalam bioskop."


("Untuk batasan usia membawa anak-anak ke bioskop sebenarnya tidak ada, namun harus dipikirkan terlebih dahulu ketika anak-anak dibawa ke dalam bioskop apakah mereka merasa nyaman atau tidak," ujar Vera Itabiliana, Psi, seorang psikolog anak dan keluarga. Foto: Jake Hills/Unsplash.com)

(Baca juga: Sinema Pertama di Asia dengan Fasilitas Bermain Sambil Belajar)

Selain itu, Anda juga bisa memerhatikan apakah anak sudah bisa merasa nyaman atau belum dalam suasana tersebut. Anda juga bisa melihat apakah anak sudah bisa menikmati film yang sedang diputar atau belum.

"Tetapi namanya perkenalan, orang tua juga harus siap dengan apapun yang akan terjadi. Seperti ketika mereka bosan lalu minta keluar dari bioskop, itu tidak apa-apa. Ikuti saja kemauan mereka."

"Kita tidak boleh asal membawa anak-anak ke bioskop. Misalnya, yang penting membawa mereka ke bioskop, lalu menonton film. Tidak seperti itu, karena yang terpenting adalah anak-anak menikmati atau tidak? Mereka bisa mendapatkan kualitas yang baik dari film yang ditonton atau tidak? Kalau tidak mendapatkannya, percuma saja," tukas Vera. 





(TIN)