Hobi Membuat Kue Beri Dampak Positif untuk Kesehatan Mental

Raka Lestari    •    Senin, 22 Jan 2018 17:07 WIB
kesehatan mental
Hobi Membuat Kue Beri Dampak Positif untuk Kesehatan Mental
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ada banyak kegiatan yang bisa meningkatkan kesehatan mental, salah satunya membuat kue. Ya, apalagi jika kue dibuat khusus untuk orang tersayang.

Bagaimana membuat kue untuk orang tersayang bisa berdampak positif bagi psikologis Anda, berikut penjelasannya seperti dilansir dari Huffington Post.

1. Membuat kue adalah cara mengekspresikan kreativitas

"Ada banyak studi mengenai koneksi antara ekspresi kreatif dan kesehatan secara keseluruhan. Entah itu dengan cara melukis atau membuat lagu, atau membuat kue. Intinya, mengekspresikan diri lewat kreativitas dapat menurunkan tingkat stres," ujar Donna Pincus, profesor ilmu psikologi dan otak di Boston University.

2. Membuat kue untuk orang lain dapat melatih fokus

"Membuat kue sebenarnya membutuhkan banyak perhatian penuh. Anda harus mengukur, fokus secara fisik pada adonan. Jika Anda berfokus pada bau dan rasa, atas apa yang Anda ciptakan, dapat menyebabkan pengurangan stres, " jelas Pincus. Ditambah lagi, saat ini sudah mulai banyak tersedia terapi seni kuliner yang dijadikan terapi untuk membentuk atau memperbaiki perilaku seseorang.

3. Membuat kue untuk orang lain sebagai salah satu bentuk altruisme

Membuatkan kue untuk orang lain adalah salah satu tindakan memberi.

"Membuatkan kue untuk orang lain dapat meningkatkan rasa nyaman, berkontribusi pada menghilangkan stres, dan membuat Anda merasa telah melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang, yang mungkin meningkatkan makna Anda dalam kehidupan dan hubungan dengan orang lain," jelas Pincus.

Lihat video:




(DEV)