Tips Menghilangkan Kesan Pertama yang Buruk

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 24 Mar 2018 19:49 WIB
keluargatips karier
Tips Menghilangkan Kesan Pertama yang Buruk
Tips Menghilangkan Kesan Pertama yang Buruk (Foto:istock)

Jakarta: Tak semua orang mendapatkan kesan yang baik saat pertama kali bertemu. Agar tak salah, mengubah persepsi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

"Ketegasan bisa dikira keagresifan," kata Susan Fee, seorang penasihat profesional berlisensi.

"Tapi definisi sebenarnya dari komunikasi agresif adalah melanggar hak orang lain."

Bagi Anda yang sering memonopoli percakapan, tidak membiarkan orang lain berbicara, atau menyela; berikut adalah beberapa cara untuk mengembalikan citra baik Anda.

1. Lakukan lebih baik lagi di lain kesempatan
"Kita semua membuat kesalahan. Dan karena menyadarinya, kita membiarkannya beberapa kali," ujar Amy Dickinson, pengisi kolom Ask Amy.

"Oleh karena itu, jika Anda bertemu dengan orang yang berpikir bahwa Anda sedang menekan, biarkan memimpin pembicaraan dan tunjukkan ketertarikan Anda pada topik yang dibahas."

2. Berperilaku positif
Wawancara kerja yang buruk bisa tak berlanjut, kecuali Anda mengambil sikap. Kirimkan pesan seperti, "Saya harap saya tidak terlalu agresif. Saya hanya sangat bersemangat karena kesempatan yang diberikan."

3. Berhenti berpura-pura
Tom Jaffee, selaku CEO dari ‎MatchEvents.com mengungkapkan bahwa berpura-pura membuat seseorang bersikap aneh.

"Jujurlah dengan orang tersebut, Anda ingin membuat kesan yang baik. Pada pertemuan selanjutnya, Anda bisa menjadi di sendiri."

4. Membiarkannya
Jika Anda mendapat kesan buruk karena sifat satu ini, relakan saja. Lain kali, saat bertemu dengan orang baru lainnya, cobalah menahan sifat Anda yang satu ini.

 


(ELG)