Begini Cara Melindungi Anak Anda dari Penculikan

Raka Lestari    •    Rabu, 11 Oct 2017 15:26 WIB
keluarga
Begini Cara Melindungi Anak Anda dari Penculikan
Berikut ini tips menjaga anak-anak dari penculikan seiring dengan pertambahan usia mereka. (Foto: Mi Pham/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus penculikan terhadap anak terjadi setiap tahunnya. Meskipun orangtua telah memilih tempat tinggal yang aman dan mencurahkan banyak energi untuk memastikan bahwa anak-anaknya dalam keadaan aman, kewaspadaaan terhadap keselamatan anak tetaplah penting.

Mengantar dan menjemputnya ke sekolah, bertemu teman-temannya, atau melakukan aktivitas seperti berolahraga bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penculikan. 

Namun bagaimanapun juga, kita tidak bisa selalu ada untuk menjaga anak-anak kita apalagi jika mereka sudah bertambah besar dan lebih sering berada di luar rumah. 



Lalu, bagaimana menjaga anak-anak seiring dengan pertambahan usia mereka?

1. Bayi dan Balita 
Sarannya cukup sederhana. Anak kecil membutuhkan pengawasan penuh oleh orang dewasa. Mereka memiliki pemahaman yang terbatas mengenai bahaya dan memiliki risiko yang kecil terhadap penculikan. 

2. 6-10 Tahun 
Pada usia ini anak-anak sudah memahami dunia luar, bahasa dan logika mereka juga sudah berkembang, dan Anda juga sudah bisa memberikan pemahaman kepada mereka tentang risiko penculikan dan cara pencegahannya. Sebagai orangtua, Anda bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka saat ada situasi yang mengancam. 

Beberapa pertanyaan yang bisa diajukan kepada mereka diantaranya: 

1. Bagaimana jika seseorang menghentikan mobilnya dan menawarkan tumpangan ke rumah, apa yang akan kamu lakukan?
2. Bagaimana jika orang itu mengatakan bahwa dia adalah teman Ayah?
3. Apa yang akan Kamu lakukan jika orang dewasa tersebut mengajak kamu ke rumahnya?



(Baca juga: Pentingnya Self Defense Bagi Anak)

3. 11-13 Tahun 
Pada tahap ini, anak-anak akan lebih bebas, memperluas jangkauan pertemanan mereka dan pulang ke rumah lebih telat.  Bicaralah dengan anak Anda tentang rutinitas mereka dan tetap mengabarkan melalui telepon. Mengetahui di mana anak Anda berada, adalah masalah keamanan utama. Atau bisa juga menyarankan anak Anda membuat jalan pintas di handphone mereka untuk segera menelepon Anda jika ada situasi yang mencurigakan. 

Anda juga harus mengajarkan anak Anda untuk mengatakan tidak dan melarikan diri jika ada sesuatu yang mencurigakan.

4. 14-17 Tahun
Pilih waktu yang tepat untuk mendiskusikan bagaimana aturan-aturan ketika mereka pergi ke sebuah pesta, jam pulang mereka, dan sarana transportasi saat mereka bepergian. Ketika anak Anda sering bepergian, misalnya mengunjungi cafe, ajarkan mereka untuk tetap berada dekat dengan teman-teman mereka. Ajarkan mereka untuk saling mengantar ke kamar mandi. 











(TIN)