Kenali Karakter Untuk Mendidik Anak

Yatin Suleha    •    Rabu, 07 Sep 2016 16:09 WIB
keluarga
Kenali Karakter Untuk Mendidik Anak
(Foto: Pbs) Kenali dulu karakter si kecil untuk mengetahui pendidikan yang tepat.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendidik si kecil di rumah bisa jadi berbeda dengan cara mendidik anak yang lainnya. Psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M. Psi, mengatakan bahwa memang secara umum kita harus menstimulasi perkembangan otak anak secara optimal. Namun, hal yang sering terlewatkan adalah pembentukan karakternya. 

Psikolog yang juga dosen di Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung ini juga memberikan beberapa cara  mendidik yang tepat, yaitu dengan memperhatikan karakter yang dimiliki oleh anak. 

Efnie mengatakan, bahwa mendidik anak berkaitan dengan sistem kerja otak anak, dan ada beberapa tipe karakter (sifat yang dibawa sejak lahir dan sifat tersebut relatif menetap).  
(Baca juga: Mendikbud: Bedakan Peristiwa Pendidikan dan Hukum)

Lebih lanjut lagi ia menambahkan, jika dikaitkan dengan struktur otak (triune brain) terdapat 3 macam karakter secara umum, yaitu: 

- Instinktif. Anak yang memiliki karakter ini pada dasarnya lebih senang melakukan sesuatu berdasarkan keinginannya sendiri. Keras, cuek, tidak mudah dipengaruhi, dan sulit diubah pendiriannya. Pada umumnya, anak dengan karakter seperti ini tidak terlalu sulit dalam menghadapi situasi baru.

- Intuitif. Anak dengan karakter ini pada dasarnya didominasi oleh perasaan, sensitif, sedikit emosional. Anak dengan karakter ini yang biasanya sulit untuk beradaptasi saat berada di lingkungan baru. 

- Logis. Anak dengan karakter ini pada dasarnya didominasi oleh logika. Anak dengan tipe ini akan lebih termotivasi jika hal-hal yang ia kerjakan memperoleh rewards. Anak dengan karakter ini juga biasanya tidak terlalu sulit untuk beradaptasi di lingkungan baru.





(TIN)