Enam Langkah Menggunakan Sisir Khusus Kutu Rambut

   •    Kamis, 17 Jan 2019 08:35 WIB
perkembangan anaktips & trik
Enam Langkah Menggunakan Sisir Khusus Kutu Rambut
Meskipun kulit kepala bersih dan sering dicuci, kutu rambut masih dapat hinggap di kepala. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

Jakarta: Kutu rambut tidak berbahaya secara langsung, namun kutu-kutu tersebut dapat membuat kulit kepala menjadi gatal. Jika kepala digaruk berlebihan hal ini dapat berujung infeksi kulit.

Hanya kontak dengan orang yang memiliki kutu rambut sudah cukup menempatkan orang lain menjadi berisiko. Meskipun kulit kepala bersih dan sering dicuci, kutu rambut masih dapat hinggap di kepala.

Ada banyak cara untuk mengatasi parasit penghisap darah ini. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan sampo, krim, dan losion dari resep dokter. Cara lainnya selain dengan pengobatan yang efektif adalah dengan menyisir dengan sisir khusus.

Sisir khusus tersebut dapat digunakan sebagai alat kontrol kutu di kepala. Menyisir membantu mendeteksi awal adanya kutu di rambut, menghilangkan kutu, dan mengecek apakah kutu masih tersisa.

Bahkan meskipun jika pengobatan dilakukan dengan menggunakan sampo, krim, dan losion, sisir masih dibutuhkan untuk menghilangkan sisa-sisa kutu dan telur yang sudah mati. 

(Baca juga: Ini Ciri-ciri Rambut Anak Anda Berkutu)

Dengan bantuan orang lain, berikut langkah menggunakan sisir khusus kutu rambut yang baik seperti dikutip dari BabyCenter.

Sebelum memulai menyisir siapkan jepit rambut untuk yang memiliki rambut panjang, handuk, tisu wajah, mangkuk berisi air sabun, kondisioner, penerangan yang cukup, dan kaca pembesar jika dibutuhkan.


(Meskipun kulit kepala bersih dan sering dicuci, kutu rambut masih dapat hinggap di kepala. Foto: Ilustrasi. Dok. Marjorie Bertrand/Unsplash.com)

1. Basahi rambut
Bungkus bahu dengan handuk. Basahi rambut dengan air dan sedikit kondisioner, hal ini akan memudahkan mengenali kutu dan telurnya pada kulit kepala.

Kutu terlihat seperti biji wijen berwarna coklat muda dan telurnya berwarna kuning atau coklat yang biasanya menempel dekat pangkal rambut.

2. Penerangan yang bagus
Di bawah penerangan yang cukup dan sejajar dengan pandangan, mulailah menyisir. Perhatikan dengan seksama tempat-tempat yang disenangi kutu rambut seperti bagian di belakang telinga dan kulit kepala di sekitar tengkuk leher. 

3. Gunakan penjepit rambut
Setelah bagian rambut tersebut selesai disisir, gunakan jepit rambut untuk menahan rambut.

4. Pakailah sisir khusus kutu
Tahan kulit kepala dengan satu tangan sambil menyisir perlahan, tujuannya agar kutu tidak kabur saat disisir karena tertahan oleh tangan. Setiap selesai menyisir celupkan sisir dalam mangkok berisi air sabun.

5. Bersihkan sisir 
Selesai menyisir seluruh bagian kepala, bersihkan sisir dengan menggunakan dua gelas air panas ditambah sesendok amonia.

6. Bersihkan rambut 
Setelah kutu-kutu tersebut sudah diambil, bersihkan rambut dengan sampo secara menyeluruh dan biarkan kering. Cek kembali apakah masih ada sisa telur kutu yang menempel pada rambut.

Lakukan pengecekan tiap hari selama sekitar dua minggu untuk memastikan perawatan berhasil. Jika dalam dua minggu kutu masih ada, hubungi dokter.


Maria Fransiska





(TIN)