Wanita, Ini Masalah yang Dapat Ditimbulkan Skinny Jeans

Torie Natalova    •    Rabu, 07 Jun 2017 12:11 WIB
fashion
Wanita, Ini Masalah yang Dapat Ditimbulkan Skinny Jeans
Selain kerusakan otot dan saraf, skinny jeans telah dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya terutama di bagian perut ke bawah. (Foto: Pinterest/Luvv It)

Metrotvnews.com, Jakarta: Celana jin ketat atau skinny jeans terkadang dapat membentuk tubuh Anda terlihat lebih menawan. Tetapi, terlalu sering dan lama menggunakan skinny jeans dapat memicu kerusakan saraf hingga rasa mulas.

Celana jin yang terlalu ketat dapat menyebabkan kerusakan saraf. Menurut ahli bedah kaki Dr. Suzanne Fuchs, ada kemungkinan jin ketat dapat mengembangkan sindrom kompartemen yang mengurangi suplai darah ke otot kaki, menyebabkan pembengkakan dan kerusakan pada saraf kaki dan betis.

Skinny jeans juga dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan dan nyeri saraf di paha serta area selangkangan. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa Anda harus mulai mengurangi pemakaian skinny jeans seperti berikut ini.

(Baca juga: 3 Tipe Celana Jin untuk Si Tubuh Besar)

1. Bisa memicu mulas
Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan mulas. Bila Anda makan sambil menggunakan celana yang terlalu ketat, tubuh akan sulit mencerna makanan. Pakaian yang ketat di sekitar pinggang dapat menyebabkan tekanan pada organ dalam tubuh yang tidak normal. 

2. Membahayakan otot Anda
Saat beraktivitas, otot membutuhkan ruang untuk berkembang dan berkontraksi. Jika Anda berencana untuk menggunakan kaki sepanjang hari, skinny jeans bisa membatasi otot Anda sehingga menyebabkan kerusakan serius.

Jika jin terlalu pas, mereka dapat bertindak sebagai stoking kompresi yang terlalu ketat dan bisa menyebabkan gangguan sirkulasi darah yang optimal.

3. Memicu mati rasa pada kaki
Hati-hati jika Anda merasa kaki mati rasa atau kesemutan sepanjang hari saat mengenakan skinny jeans. Sebuah studi di Journal Neurology, Neuropsychiatry dan Psychiatry melaporkan ada seorang wanita yang tak bisa bergerak karena hilangnya rasa atau sensasi terutama di bagian kaki. Dokter menemukan bahwa dia mengalami kerusakan sementara pada otot dan saraf di betisnya.

Selain kerusakan otot dan saraf, skinny jeans telah dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya terutama di bagian perut ke bawah. Untuk kaum pria harus waspada karena celana jin yang ketat dapat mempengaruhi jumlah sperma. Wanita juga harus tahu bahwa celana ketat dapat menyebabkan infeksi saluran kemih untuk jangka waktu yang panjang.

Ini tidak berarti Anda harus membuang skinny jeans Anda. Jika ingin menggunakannya, pakailah dalam waktu sebentar dan secara berkala untuk mengurangi dampak buruknya.







(TIN)