Tips Perlindungan Saat Serangan Teror

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 06 Jun 2017 14:15 WIB
tips & trik
Tips Perlindungan Saat Serangan Teror
Geddes percaya bahwa salah satu pendekatan yang bisa dilakukan saat berhadapan dengan penyerang adalah bekerja sama dengan orang-orang di sekitar untuk melawan. (Foto: Daily Mail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga serangan teror terjadi di pusat Kota London. Serangan pertama terjadi di Jembatan London, kedua di Borough Market, dan ketiga di Vauxhall di London Selatan, Sabtu (3/6/2017) malam.

Salah satu gambar yang cukup banyak disebar saat momen tersebut adalah seorang pria yang memegang gelas bir dan memastikan tak tumpah. Banyak orang membuat lelucon atau meme tentang bagaimana komitmen sang pria pada minumannya di tengah serangan teror. 

Namun ternyata, seorang mantan petugas SAS John Geddes mengungkapkan bahwa memegang gelas bir ternyata bisa membuat seseorang bertahan dari teroris yang menyerang dengan pisau. 



Pria berusia 60 tahun yang sudah berada dalam unit pasukan khusus elit selama 14 tahun tersebut mengatakan bahwa menyiram penyerang dengan cairan, baik panas maupun dingin, adalah salah satu cara pertahanan yang baik. 

Ia juga merekomendasikan untuk memukul penyerang dengan menggunakan tas atau payung, sebagai pengganti senjata. 

Geddes percaya bahwa salah satu pendekatan yang bisa dilakukan saat berhadapan dengan penyerang adalah bekerja sama dengan orang-orang di sekitar untuk melawan.

Sementara, taktik terburuk adalah dengan tiarap di lantai karena mempermudah penyerang untuk menusuk atau menembak seseorang tanpa perlawanan. 

(Baca juga: Serangan Teror London, Polisi Geledah Dua Properti di Timur Kota)

"Anda harus mengambil barang apa pun di sekitar dan melemparkannya ke mereka. Kemudian berlari sangat cepat. Namun, untuk beberapa orang hal tersebut bukanlah pilihan, Anda harus melawannya," jelasnya. 



Namun, benda yang digunakan dalam perlawanan memiliki pengaruh yang tak selalu sama. Geddes memberi contoh, jika sedang berada dalam restoran, ia menyarankan untuk melempar benda-benda yang ada di meja seperti pisau, garpu, kursi, dan botol pada penyerang.

"Mereka akan terluka, sama sepertimu, karena mereka juga manusia," tukasnya. 

Sementara, menanggapi foto anak muda yang memegang gelas bir saat penyerangan di London, Geddes yang merasa hal tersebut bisa dilakukan sebagai bentuk perlindungan. 

"Minuman dingin juga bisa. Siramkan pada wajah penyerang, terutama jika cukup berat seperti bir. Segala jenis cairan adalah halangan besar untuk bertindak karena mengenai wajah," pungkasnya. 







(TIN)