Mengembangkan Keterampilan Menulis Anak Sejak Dini

   •    Jumat, 28 Dec 2018 11:55 WIB
perkembangan anak
Mengembangkan Keterampilan Menulis Anak Sejak Dini
T. Berry Brazelton dalam bukunya "Touchpoints," mengatakan anak yang bisa menulis dengan baik memiliki kelebihan dalam mengekspresikan pendapatnya di atas kertas. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Jakarta: Belajar menulis memang bukanlah hal yang mudah, sama seperti belajar membaca. Namun, kemampuan menulis sangat menunjang kegiatan belajar si kecil di sekolah.

T. Berry Brazelton dalam bukunya "Touchpoints," mengatakan anak yang bisa menulis dengan baik memiliki kelebihan dalam mengekspresikan pendapatnya di atas kertas. Untuk itu, kemampuan pra-tulis perlu dibimbing dan dikembangkan agar si kecil siap saat masuk prasekolah.

Jika tidak diasah sejak dini, maka ketika dituntut untuk bisa menulis, anak akan merasa frustrasi, bahkan menolak belajar. Akibatnya, kepercayaan dirinya menurun, dan performa akademisnya tersendat. Coba lakukan beberapa latihan berikut agar anak Anda semakin terampil menulis, melansir dari babyCenter.

1. Memegang alat tulis
Untuk mengembangkan kemampuan menulisnya, terlebih dahulu anak harus mampu memegang alat tulis dengan baik. Sebagai awal, Anda bisa memberikan alat tulis yang berdiameter cukup besar, seperti krayon, dan membantunya menggenggam dengan baik. Jika anak sudah cukup menguasai, Anda bisa mengganti dengan pensil.

(Baca juga: Benarkah Kemampuan Membaca Anak Perempuan Lebih Baik daripada Laki-laki?)


(Jika anak sudah bisa menggenggam alat tulis dengan baik, Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya, yaitu menggambar. Foto: Tina Floersch/Unsplash.com)

2. Menggambar
Jika anak sudah bisa menggenggam alat tulis dengan baik, Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya, yaitu menggambar. Sediakan kertas kosong, dan arahkan jemari anak untuk membuat coretan.

Di usianya yang masih balita, menggambar tidaklah menampilkan bentuk yang representatif. Gambarnya sering kali berupa goresan garis tunggal, lingkaran, ataupun benang kusut. Berikan kebebasan anak menggambar apa pun sesuai dengan imajinasinya.

3. Mewarnai
Selain dapat mempertajam kemampuan pra-tulis anak, mewarnai gambar juga bisa menjadi media kreativitasnya. Siapkan buku mewarnai dengan berbagai macam objek gambar, serta alat mewarnai, seperti krayon atau pensil warna.

Dampingi saat anak memilih objek gambar, dan tawarkan juga berbagai pilihan warna krayon. Biarkan anak berekplorasi dengan segala warna pilihannya.

4. Meniru bentuk
Perlihatkan kepada anak berbagai macam bentuk, seperti lingkaran, garis vertikal, horizontal, dan cara pembuatannya. Mintalah si kecil untuk membuat kembali bentuk-bentuk tersebut di kertas kosong.

Temani dan bimbinglah anak. Jika si kecil membuat kesalahan biarkan saja karena itu termasuk bagian dari kreativitasnya. Setelah selesai, baru Anda memberikan contoh bentuk yang benar.

5. Menjiplak
Ajak anak Anda menjiplak bentuk dari benda di sekitarnya, seperti telapak tangan, tutup botol, piring, gelas, kotak, dan lain-lain. Menjiplak gambar akan melatih keterampilan motorik halusnya, yang berguna untuk menulis dan menggambar.

Koordinasi mata-tangan juga merupakan bagian penting yang dilatih dengan kegiatan menjiplak. Jika rutin dilakukan, maka kemampuan menulisnya akan semakin tajam.


Maria Fransiska

 


(TIN)