Tips untuk Pemilik Hewan Peliharaan

Mengatasi Anjing yang Berperilaku Agresif Ketika Ditinggal Pergi

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 06 Mar 2017 14:54 WIB
tips & trik
Mengatasi Anjing yang Berperilaku Agresif Ketika Ditinggal Pergi
(Foto: bedandbiscuitaustin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anjing merupakan hewan peliharaan yang sangat sayang kepada pemiliknya. Dari sekian banyak jenis anjing, terdapat beberapa anjing yang sedih ketika melihat majikannya pergi keluar rumah meski hanya sebentar.

Anjing berperilaku agresif saat akan ditinggal pemiliknya untuk menunjukkan kesedihannya. Umumnya, karena mereka merasa bosan. Melansir dari Pop Sugar, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah agar anjing tidak 'sedih' saat ditinggal.

1. Ajak anjing jalan-jalan sebelum Anda pergi

Beberapa jam sebelum pergi, cobalah mengajak anjing jalan-jalanatau bermain. Dengan demikian, setelah itu ia akan merasa lelah dan Anda dengan mudah bisa meninggalkannya. Anda juga bisa meninggalkan bola agar anjing bisa bermain ketika ditinggal. Dengan demikian ia tak akan merasa bosan.

2. Menyetel musik

Ketika rumah sepi, anjing menjadi lebih sensitif untuk mendengar berbagai macam suara. Saat ini terjadi, mereka akan terus menggonggong dan membuat tetangga menjadi terganggu. Untuk menghalau gangguan suara yang berpotensi membuat anjing menjadi gelisah, tinggalkan anjing bersama musik yang mengalun.

3. Titip di tempat penitipan hewan terpercaya

Jika Anda ragu meninggalkan anjing sendirian di rumah, sebaiknya titipkan di tempat penitipan hewan atau bisa juga meminta tolong rekan Anda yang bisa dipercaya untuk sesekali mampir melihat anjing di rumah.

4. Mainan puzzle

Mainan puzzle merupakan mainan yang ideal untuk anjing cerdas yang membutuhkan banyak stimulasi mental. Dengan mainan, anjing juga akan lebih tenang ketika ditinggal.

5. Kandang

Untuk anjing yang cemas, berenergi tinggi, atau anak anjing, siapkan kandang untuk mereka. Setelah mereka belajar untuk mencintai kandangnya, anjing biasanya akan bersantai disana selama seharian daripada menggonggongi Anda untuk mengajak bermain.

6. Latihan

Sulit untuk meninggalkan anjing saat mereka "menangis" atau menggonggong tak karuan. Untuk mengatasinya, anjing harus dilatih, seperti berada di satu ruangan bersama, kemudian Anda meninggalkannya selama 15 menit. Anda bisa melakukannya setiap hari dengan durasi waktu yang bisa ditambah. Perubahan akan terjadi secara bertahap ketika Anda sabar dan konsisten melakukan latihan.


 


(DEV)