Lima Manfaat Memelihara Anjing bagi Anak

Raka Lestari    •    Minggu, 13 May 2018 16:03 WIB
keluarga
Lima Manfaat Memelihara Anjing bagi Anak
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak hal yang bisa menunjang tumbuh kembang si kecil. Salah satunya dengan memelihara binatang. 

American Kennel Club (AKC) memaparkan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa memelihara hewan peliharaan seperti anjing dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. 

Tak hanya mengurangi stres, balita yang menjalani proses memelihaara hewan peliharaan akan merasakan lebih banyak belas kasih dan empati. 

Masih banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari memelihara binatang, berikut ulasannya seperti dilansir dari Romper. 

1. Mengurangi stres dan kecemasan
 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anjing adalah penghilang stres yang luar biasa. Menurut American Humane Association, ada 20 ribu anjing servis di AS, termasuk 10 ribu anjing pemandu. Anjing secara alami menenangkan, memperhatikan kebutuhan emosional Anda, dan kompeten dalam mengajarkan empati kepada anak. 

2. Meningkatkan aktivitas dan ikatan antar keluarga

Anjing membantu menjaga anak-anak tetap aktif dan perhatian karena mereka perlu jalan-jalan dan olahraga secara teratur. Pada akhirnya, anjing juga mendorong keluarga Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama dengan cara yang sehat.

3. Mengajari balita berteman

Anjing dijuluki sebagai hewan dengan indera pendengaran yang tajam dan aktif yang bisa membantu anak untuk belajar mendapatkan teman. 

4. Meringankan kecemasan sosial

Menurut The Dodo, anjing seperti pahlawan super bagi mereka yang menderita kecemasan khususnya dalam situasi sosial. Seekor anjing dapat memberikan gangguan di ruang publik. Tidak hanya orang lain yang melihat anjing itu, menarik perhatian Anda atau anak Anda, tetapi juga membantu Anda untuk fokus kembali.

5. Anak Anda tidak akan mudah terkena alergi

Studi terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh di sekitar anjing cenderung lebih kebal terhadap alergi. Memperkenalkan anak-anak Anda ke kuman memperkuat sistem kekebalan mereka, dan karena itu mengurangi risiko penyakit pernapasan dan alergi.





(DEV)