Benarkah Minat Baca Anak Dipengaruhi oleh Lingkungan?

Raka Lestari    •    Rabu, 02 May 2018 14:36 WIB
perkembangan anak
Benarkah Minat Baca Anak Dipengaruhi oleh Lingkungan?
Seberapa baik anak-anak dalam membaca sebenarnya diwariskan dan seberapa banyak mereka suka membaca dipengaruhi oleh lingkungan mereka. (Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

Jakarta: Anak-anak mungkin lebih menyukai pemainan yang berada di luar rumah, seperti bermain ayunan, bermain bola, dan masih banyak kegiatan lainnya dibandingkan memiliki hobi membaca buku.

Mungkin saja mereka menganggap bahwa membaca buku adalah kegiatan yang membosankan dan tidak menyenangkan. Namun penelitian terbaru mengungkapkan alasan mengapa anak-anak tidak suka membaca buku. 

Menurut Theguardian.com, sebuah studi di tahun 2013 menemukan bahwa anak-anak yang membaca ketika waktu senggang mereka memiliki perkembangan otak yang lebih baik dan mendapatkan hasil ujian yang lebih baik.

Oleh karena itu, membaca sangat penting dan memiliki manfaat yang cukup banyak bagi anak-anak di masa mendatang. 

Studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Child Psychology and Psychiatry yang meneliti 11.000 anak kembar berusia 7 tahun menemukan bahwa anak-anak yang suka membaca cenderung lebih baik dalam membaca dan bisa membaca lebih awal.

Namun seberapa baik anak-anak dalam membaca sebenarnya diwariskan dan seberapa banyak mereka suka membaca dipengaruhi oleh lingkungan mereka. 

(Baca juga: Cara Menanamkan Kebiasaan Membaca Buku pada Anak)


(Studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Child Psychology and Psychiatry yang meneliti 11.000 anak kembar berusia 7 tahun menemukan bahwa anak-anak yang suka membaca cenderung lebih baik dalam membaca dan bisa membaca lebih awal. Foto: Iana Dmytrenko/Unsplash.com)

Peran Keluarga

Artinya jika keluarga Anda merupakan keluarga yang tidak terlalu suka membaca buku atau di rumah Anda tidak ada banyak buku-buku atau orang tua yang memberikan contoh membaca di depan anak-anak Anda, mungkin saja anak-anak Anda tidak terlalu suka membaca buku sebanyak mereka yang dalam lingkungannya dikelilingi oleh buku-buku, menurut studi tersebut. 

Dr Elsje van Bergen dari Vrije Universiteit Amsterdam di Belanda, mengatakan "Sudah jelas bahwa seberapa banyak anak Anda menyukai sesuatu akan terpengaruh pula pada seberapa banyak anak Anda menyukai hal tersebut juga."

Namun jika anak Anda tidak terlalu suka membaca buku, tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, misalnya saja dengan memulai dari hal-hal yang kecil dan cari tahu mengenai minat anak Anda.

Atau bisa juga dengan menceritakan mengenai kesukaan mereka terhadap sesuatu hal. Jadi jangan terlalu memaksakan diri jika anak Anda belum terlalu suka membaca. Bisa jadi mereka merasa sangat sulit, dan itu hanya membutuhkan lebih banyak latihan.





(TIN)