Tips Interior Ini Bikin Harga Rumah Anda Naik

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 21 Jun 2018 19:01 WIB
tips & trik
Tips Interior Ini Bikin Harga Rumah Anda Naik
(Foto: Dok. Udemy)

Jakarta: Ada berbagai cara untuk membuat harga barang yang ingin dijual menjadi lebih tinggi. Untuk rumah, mengecat dengan warna tertentu bahkan bisa meningkatkan nilai jual cukup tinggi, demikian menurut Analisa Warna Cat 2018 yang dikeluarkan situ real estate Zillow. 

Analisis tersebut melihat pada lebih dari 135 ribu foto dari rumah yang dijual untuk melihat bagaimana warna cat memengaruhi nilai jual rumah. Ternyata, rumah dengan pintu berwana hitam atau abu-abu. Menurut Zilolow, rumah dengan ciri pintu tersebut terjual USD 6.271 (sekitar Rp 88 juta) lebih mahal.

Sementara, untuk dapur, tambahan lemari dua warna (dapur tuxedo) adalah cara yang ampuh meningkatkan harga rumah hingga USD 1.547 (hampir Rp 22 juta) di atas harga normal. 

Zillow menemukan bahwa lemari putih yang dipasangkan dengan warna biru atau hitam gelap adalah perpaduan warna yang paling digemari. 

"Meski warna dinding yang netral seperti cokelat dan biru muda masih disenangi, kami melihat perubahan besar dalam desain rumah di mana warna populer saat ini adalah biru gelap, dan abu-abu bahkan hitam," ujar ahli desain rumah Kerrie Kelly Zillow dalam siaran pers.

"Warna yang kontras, terutama di dapur dan eksterior rumah, menambah minat dan dimensi pada ruangan yang sangat bagus dalam menampilkan foto dan video."

Zillow juga menyebutkan bahwa dapur dengan nuansa warna merah atau kuning tidak terlalu diminati, bahkan dapat menurunkan harga jual sebanyak USD 2.310 (sekitar (Rp 32,5 juta). 





(DEV)