Apakah Media Sosial Dapat Berpengaruh Terhadap Keinginan Berselingkuh?

Raka Lestari    •    Jumat, 09 Feb 2018 08:00 WIB
psikologi
Apakah Media Sosial Dapat Berpengaruh Terhadap Keinginan Berselingkuh?
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi keinginan seseorang untuk berselingkuh. (Foto: Alex Iby/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak faktor yang bisa mempengaruhi keinginan seseorang untuk berselingkuh. Fenomena perselingkuhan ini juga ditandai dengan munculnya istilah-istilah baru salah satunya adalah istilah "pelakor" yaitu seorang wanita yang merebut suami atau pasangan orang lain.

Ditambah lagi, saat ini dengan adanya perkembangan teknologi dan media sosial memberikan juga kesempatan atau kemudahan bagi seseorang untuk melakukan perselingkuhan. 

Namun apakah media sosial benar-benar bisa berpengaruh terhadap keinginan seseorang untuk berselingkuh? Menurut Psikolog Novita Tandry, semua hal bisa menjadi media jika seseorang memang ingin berselingkuh. "Semua akan dijadikan alasan kalau memang kita mau berselingkuh," ujar Novita Tandry.

(Baca juga: Studi: Ibu yang Berpikiran Terbuka Membuat Anak Lebih Kreatif)


(Banyak faktor yang bisa mempengaruhi keinginan seseorang untuk berselingkuh. Foto: Freestocks.org/Unsplash.com)

Bagi Novita, yang terpenting adalah bagaimana pasangan mengartikan pernikahan mereka itu sendiri. "Menikah itu tujuannya apa? Karena terkadang dalam siklus manusia pernikahan itu dijadikan sesuatu yang alamiah, seseuatu yang harus dialami oleh semua orang."

Pada saat memasuki dunia pernikahan tujuan orang menikah itu apa? Apakah hanya memenuhi budaya yang memang sudah begitu, atau menganggap bahwa pernikahan adalah siklus yang harus dilewati tetapi terkadang pasangan lupa bahwa pernikahan itu adalah sesuatu yang suci dan sakral. 

Menurut Novita, hal yang terpenting adalah pondasi atau dasar dari hubungan pernikahan itu sendiri seperti apa. Hal itu karena jika memang dasar atau pondasi dari sebuah pernikahan itu sendiri sudah kuat dan kokoh, melalui media mana pun jika memang seseorang itu setia pastinya akan tetap setia saja kepada pasangannya. 









(TIN)