Benarkah Anak Tunggal Lebih Mandiri dan Kreatif?

Torie Natalova    •    Jumat, 28 Dec 2018 06:47 WIB
keluarga
Benarkah Anak Tunggal Lebih Mandiri dan Kreatif?
Benarkah anak tunggal lebih mandiri dan kreatif? Simak informasinya berikut ini. (Foto: Nurpalah Dee/Unsplash.com)

Jakarta: Anak tunggal terkadang dinilai sebagai anak yang manja dan kesepian karena tidak memiliki saudara untuk berbagi dan bermain bersama. Namun, para ilmuwan telah membantah anggapan tersebut.

Ilmuwan telah menemukan bahwa menjadi anak tunggal dapat secara fundamental mengubah struktur otak Anda. Pada studi 2016 yang diterbitkan dalam Brain Imaging and Behavior, tes menunjukkan bahwa anak tunggal dan bersaudara memiliki tingkat kecerdasan yang sama.

Berdasarkan penelitian, hasil pemindaian MRI mengungkapkan perbedaan yang jelas dalam volume materi abu-abu di otak anak tunggal dan yang bersaudara. 

Anak tunggal memiliki lebih banyak materi abu-abu yang mengontrol dan memproses bahasa. Hal ini dikaitkan dengan satu-satunya fleksibiltas anak tunggal yakni pemikiran kreatif mereka.

(Baca juga: Cara Mengembangkan Kemandirian Anak sejak Usia Dini)

Namun, anak tunggal menunjukkan volume yang lebih rendah dari medial prefrontal cortex otak, yakni bagian otak yang mengendalikan kepribadian dan perilaku sosial.

Penelitian tersebut bukan untuk mengatakan anak tunggal memiliki otak yang berbeda dengan yang bersaudara, terutama dalam hal kreativitas.

Orang tua dari anak tunggal maupun bersaudara harus mengajarkan dan mengasuh dengan baik, menghabiskan lebih banyak waktu dan memberi mereka lebih banyak peluang untuk berkreasi.

Anak tunggal dalam penelitian ini juga dikatakan memiliki lebih banyak peluang untuk mandiri, dan kemandirian sangat berkaitan dengan pemikiran yang kreatif.





(TIN)