Sifat Dasar Anjing Pitbull Loyal dan Ramah

   •    Selasa, 08 Aug 2017 15:49 WIB
keluargahewan peliharaan
Sifat Dasar Anjing Pitbull Loyal dan Ramah
Ilustrasi anjing jenis pitbull. (Animalso)

Metrotvnews.com, Jakarta: Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kabar seekor anjing peliharaan jenis pitbull yang menyerang anak berusia 8 tahun hingga tewas.

Banyak orang beranggapan bahwa anjing pitbull cenderung agresif dan hanya patuh pada satu orang saja atau disebut one man dog. Namun, benarkah demikian?

"Pada dasarnya anjing pitbull ini punya karakter dasar loyal terhadap majikannya. Dia rajin, ramah, dan tidak seperti yang disampaikan di luar sana; agresif, brutal dan lain sebagainya," ujar Dokter Hewan Wywy Gaulda March, dalam Newsline, Selasa 8 Agustus 2017.

Meski memiliki sifat dasar yang ramah dan loyal, Wywy mengatakan tumbuh kembang anjing tetap dipengaruhi oleh lingkungan atau karakter pemilik. Anjing yang diajarkan tegas, bijaksana, apalagi hingga disekolahkan tentu akan memiliki sifat hasil didikan pemilik atau pelatih.

Terkait sifat anjing yang berubah menjadi agresif dan brutal meskipun sudah lama menjadi hewan peliharaan, Wywy menduga paling tidak ada tiga faktor yang melatarbelakanginya.

"Pertama karena provokasi, mungkin saja saat itu anjing merasa kaget atayu terkejut hingga bereaksi agresif," katanya.

Faktor kedua adalah masalah tekanan atau stres. Wywy mengatakan, seperti halnya manusia, anjing bisa mengalami tekanan atau stres. Hal ini umumnya terjadi akibat kurangnya kesejahteraan anjing.

"Yang ketiga unpredictable moment. Jadi meskipun jinak tetapi dia masih memiliki insting anjing yang setiap saat bisa berubah brutal atau agresif tanpa diketahui penyebabnya," jelas Wywy.




(MEL)