Trik Agar Anak Berani Mencoba Hal Baru

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 03 Sep 2016 17:24 WIB
keluarga
Trik Agar Anak Berani Mencoba Hal Baru
Trik Agar Anak Berani Mencoba Hal Baru (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mencoba hal yang baru adalah salah satu hal yang akan dialami setiap anak. Tapi, itu tak selalu mudah bagi anak.

"Ketika mencoba hal yang baru, Anda mempelajari apa yang disukai dan tak disukai. Anda mempelajarai bagaimana Anda mempelajari. Saat itu, kita menemukan sesuatu yang lebih penting: apakah kesukaan kita," ujar Robyn Silverman, spesialis anak dan pengembangan remaja.

Lalu bagaimana cara orangtua agar anak mau mencobanya?

Menurut Silverman, usia sekolah dasar membutuhkan contoh konkret. Untuk membantu mereka mengerti akan nilai dalam mencoba hal baru, buat mereka memikirkan apakah barang atau orang kesukaan mereka lalu mengingatkan bahwa jika hal baru tak dicoba, mereka tak akan tahu apakah mereka menyukainya atau tidak. Dalam hal ini, mencoba hal baru diartikan sebagai kesempatan, bukan hanya tantangan.

Orangtua dapat membantu anak-anak mencoba hal tersebut dengan mendorong mereka untuk menyebutkan kekhawatiran dan hal yang dapat menghilangkan kekhawatiran tersebut. Orangtua berperan untuk memberikan informasi atau solusi tambahan.

"Anak membutuhkan informasi atau solusi kedua. Mereka perlu mendengar dengan telinga sendiri dan berbicara dengan mulut mereka sendiri," tambahnya.

Saat berada di bangku menengah, Silverman mengatakan, anak-anak memiliki lebih banyak pengalaman. Namun, masih belum baik. Ada ketakutan terpendam karena gangguan di masa sebelumnya. Orangtua dapat mendorong anak-anak untuk menghilangkan ketakutan tersebut dan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, dengan pertanyaan seperti "Apakah kemampuan, hadiah, atau persepektif yang kamu dapatkan setelah karena ketakutan tersebut?"

Di bangku sekolah menengah atas, anak mungkin usdah memiliki aktivitas yang sesuai dengan pilihan mereka. Namun, mereka masih harus mempelajari hal-hal baru tentang dunia dan diri mereka sendiri. Orangtua bisa membantu anak dengan menanyakan strategi untuk mencari celah dalam hidup untuk memulai sesuatu yang baru.

Tujuan dari hal ini adalah untuk membantu anak mempelajari semakin banyak hal baru yang datang dari berbagai pertanyaan sehingga bisa membantu anak dalam menjalani hidup.

 


(ELG)