Waktu Berkualitas Orang Tua dan Anak Tumbuhkan Karakter Positif pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 12 Apr 2018 14:44 WIB
keluargapsikologi
Waktu Berkualitas Orang Tua dan Anak Tumbuhkan Karakter Positif pada Anak
Psikolog Nina menekankan agar para orang tua meluangkan waktu bersama anak untuk bisa menanamkan karakter positif anak yang didapat dari orang tua mereka sendiri. (Foto: Guille Pozzi/Unsplash.com)

Jakarta: Menghabiskan waktu bersama keluarga memberi banyak manfaat positif bagi orang tua maupun anak. Apalagi, banyak karakter positif yang bisa ditanamkan pada si kecil saat momen penting tersebut.

"Jika orang tua bisa berinteraksi secara berkualitas akan tumbuh karakter positif pada anak karena adanya komunikasi, sentuhan, dan tatap muka antara keduanya," pungkas psikolog anak Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Sc dalam konferensi pers kampanya Lotte Choco Pie #PremiumMomentsTogether, Kamis 12 April 2018.

Ia menambahkan, berdasarkan sebuah penelitian yang pernah ia baca, momen berkumpulnya orang tua dengan anak adalah hal yang sangat penting karena bisa mendekatkan hubungan keduanya dan membuat prestasi akademis anak meningkat. 

Karakter positif yang ditanamkan pada anak sejak dini dapat membuat dirinya menjadi pribadi yang lebih baik saat dewasa. Nina memberi contoh, sikap disiplin diri yang sudah dipupuk sejak anak masih bayi.

(Baca juga: Studi: Ibu yang Berpikiran Terbuka Membuat Anak Lebih Kreatif)


(Acara konferensi pers kampanya Lotte Choco Pie #PremiumMomentsTogether, Kamis 12 April 2018. Foto: Dok. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan)

"Jika sejak kecil, misalnya balita, sudah diingatkan dalam satu hal dan konsisten dilakukan, maka anak akan menjadikannya rutinitas sehingga saat beranjak semakin besar, masuk sekolah misalnya, sudah tahu."

Beberapa hal sederhana tersebut bisa berupa kebiasaan sarapan, mandi, atau aktivitas keseharian lain yang umum dilakukan.

Dengan demikian, saat anak sudah tak berada dekat orang tua, contohnya kuliah di luar kota, ia akan lebih mudah dalam menjalani hal-hal positif yang sudah menjadi kebiasaan.

Oleh karena itu, psikolog yang akrab disapa Nina tersebut menekankan agar para orang tua meluangkan waktu bersama anak untuk bisa menanamkan karakter positif anak yang didapat dari orang tua mereka sendiri. 







(TIN)