Mahasiswa Wajib Mengatur Uang Bulanan dari Orang Tua

   •    Rabu, 26 Apr 2017 15:44 WIB
tips keuangan
Mahasiswa Wajib Mengatur Uang Bulanan dari Orang Tua
Ilustrasi mahasiswa. (Foto: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahasiswa atau pelajar yang merantau biasanya mendapat uang saku bulanan dari orang tua. Memiliki uang terbatas dan hanya datang sebulan sekali, mahasiswa perlu mengatur uang bulanannya agar tidak habis dengan sia-sia.

"Prinsip pertama yang harus dilakukan, mahasiswa harus disiplin, dan memahami uang masuk berapa pengeluaran berapa. Minimal dia punya catatn kecil mengenai keuangan," kata Kepala Pengembangan Bisnis dan Kredit Manulife Norman Tetelepta dalam Cerdas 5 Menit, Rabu 26 April 2017.

Menurut Norman, ketika mahasiswa mampu disiplin dalam mengatur keuangan, mereka akan mulai melihat prioritas penggunaan uang bulanan itu. Mulau dari biaya indekos, makan, bahkan kalau ada uang lebih dia akan tahu kemana mengalokasikannya.

Selain itu, biaya pendidikan juga merupakan prioritas utama alokasi uang bulanan dari orang tua. Sebab kebanyakan ketika uang bulanan datang, tak sedikit mahasiswa menggunakannya untuk keperluan sendiri atau gaya hidup.

Norman mengatakan, mahasiswa juga perlu diajarkan untuk berinvestasi agar ketika ada uang lebih tidak digunakan untuk berfoya-foya.

"Enggak apa-apa foya-foya, buat hiburan, tetapi harus dipastikan bahwa hal yang prioritas sudah beres jangan yang dia pakai adalah uang bulanan," jelas Norman.


(MEL)