Alasan Mengapa Warna Merah Identik dengan Tahun Baru China

Raka Lestari    •    Jumat, 16 Feb 2018 11:41 WIB
perayaan imlek
Alasan Mengapa Warna Merah Identik dengan Tahun Baru China
"Biasanya lentera merah digantung di luar pintu untuk menangkal nasib buruk," kata Karen Katz, penulis buku My First Chinese New Year. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Berbagai hiasan-hiasan pada perayaan Tahun Baru China atau Perayaan Imlek biasanya identik dengan warna merah, mulai dari lampion hingga amplop pun berwarna merah. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa warna merah begitu populer pada perayaan Imlek?

Sejarah menyebutkan bahwa semua ini bermula dari Nian, seekor binatang buas yang akan meneror penduduk desa setiap tahun baru, memakan tanaman, ternak, dan bahkan anak-anak.

Tapi para warga memperhatikan bahwa binatang dengan badan banteng dan kepala singa ini takut akan tiga hal, yaitu api, keramaian, dan warna merah. Nian pun berhasil dikalahkan dan sejak saat itu warna merah dianggap membawa keberuntungan dan nasib baik bagi semua.

"Biasanya lentera merah digantung di luar pintu untuk menangkal nasib buruk," kata Karen Katz, penulis buku My First Chinese New Year. "Ada juga guntingan-guntingan kertas berwarna merah yang biasanya dijadikan hiasan untuk ditempel di dinding."


("Biasanya lentera merah digantung di luar pintu untuk menangkal nasib buruk," kata Karen Katz, penulis buku My First Chinese New Year. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Imlek Meneguhkan Kebangsaan)

Meskipun tradisi seni memotong kertas ini memerlukan keahlian tangan dan gunting sebenarnya cukup mudah untuk membuat kerajinan tangan yang terbuat dari kertas ini di rumah. Anda hanya membutuhkan gunting yang tajam dan beberapa kertas merah untuk membuat dekorasi Tahun Baru Imlek yang meriah ini untuk digantung di jendela Anda.

Meskipun begitu, tetap saja cara yang paling populer untuk merayakan Tahun Baru Imlek adalah dengan membagikan amplop merah yang berisi uang. Tradisi ini ditujukan untuk anak-anak dan amplop merah diberikan kepada mereka untuk menangkal roh jahat.









(TIN)