Alasan Pakaian Anda Tetap Bau Meski Telah Dicuci Berkali-kali

Yatin Suleha    •    Rabu, 16 Nov 2016 12:23 WIB
tips & trik
Alasan Pakaian Anda Tetap Bau Meski Telah Dicuci Berkali-kali
Jangan tinggalkan pakaian basah di dalam mesin cuci Anda untuk beberapa jam; hal tersebut bisa menyebabkan jamur. (Foto: Irgen)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda pernah mengalami pakaian, handuk, atau kaus kaki Anda tetap bau walau sudah Anda cuci berkali-kali? Mary Zeitler peneliti dari Whirpool Corporation Institute of Home Science membagi informasinya berikut ini.

"Ini karena mesin cuci Anda yang menyebabkan pakaian Anda tetap bau, Anda perlu membersihkannya," ucap Mary.

(Baca juga: Manfaat Kesehatan di Balik Membersihkan Rumah)

Caranya:

1. Bersihkan semua sudut dan celah mesin, termasuk agitator atau kipa pendorong, lap basah. Jangan lupa juga bersihkan semua area yang memang perlu dibersihkan. Perhatikan area yang bisa jadi tempat sisa air, seperti potongan di sekitar pembuka dan di bawah tutupnya.

2. Biarkan mesin cuci kosong dan pilihlah putaran "Clean Washer" jika ada pilihan itu di mesin cuci Anda. Atau bila tidak ada putarlah mesin cuci dengan putaran paling lama dan gunakan suhu terpanas untuk membersihkannya.

Coba juga pembersih yang bisa dibeli di toko terdekat. Bisa juga membuat pembersih sendiri dengan memasukkan cuka dan klorin langsung ke dalam drum mesin cuci. Jika mesin cuci Anda tidak ada pilihan tombol "Clean Washer", putarlah sekitar satu menit lalu stop putaran dan biarkan selama satu jam. Setelah itu lanjutkan dengan putaran bilas.

3. Begitu selesai mencuci biarkan pintu mesin cuci terbuka setelah mengambil semua pakaian bersih. Udara yang lembap harus menguap untuk menghindari perkembangan bakteri. 

Ini penting sekali terutama untuk mesin cuci terbaru yang pintu kedap udaranya di bagian depan. Jangan tinggalkan pakaian basah di dalam mesin cuci Anda untuk beberapa jam; hal tersebut bisa menyebabkan jamur.






(TIN)