Rumah Desain Siap Wadahi Perancang dan Pengrajin Indonesia

Elang Riki Yanuar    •    Selasa, 28 Feb 2017 19:48 WIB
gayabusana
Rumah Desain Siap Wadahi Perancang dan Pengrajin Indonesia
Peluncuran Rumah Desain (Foto: dok. rumahdesain)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP)-KUKM Kemenkop dan UKM resmi merilis Rumah Desain. Galeri ini diharapkan bisa mewadahi para perancang dan pengrajin Indonesia.

Dengan tagline "House of Indonesia Designer", Rumah Desain menggandeng Esmod Jakarta yang merupakan sekolah desain terkenal. Ide ini sudah dibuat LLP-KUKM sejak tahun 2015.

"Yang sangat kami apresiasi adalah Esmod memberikan dukungan untuk menyiapkan desain layout. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih karena kami tidak membayar serupiah pun untuk desainnya. Karena itu, kami menyediakan rumahnya para desainer Indonesia yang diberi nama Rumah Desain," ujar Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Ricardo Leatemia, perwakilan Esmod Jakarta, pihaknya nantin akan memberikan pelatihan dan advokasi kepada para desainer dan pengunjung yang datang ke Rumah Desain di Gedung Smesco, Jakarta. Esmod juga membuka diri untuk pengembangan desainer muda.

Rumah Desain yang berdiri di bangunan seluas 2.700 m2 akan menjadi wadah bagi para desainer untuk mempromosikan dan memasarkan produknya secara mandiri. Nantinya, di Rumah Desain akan menawarkan produk fashion dan produk kulit seperti sepatu, tas, dan aksesori.

"Tidak hanya terhadap kualitas desain, tetapi juga bagaimana memasarkan produknya," kata Ricardo.

Sementara itu, Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharam, berharap kehadiran Rumah Desain bisa membantu mengembangkan kreativitas para desainer khususnya yang masih pemula.

"Esmod adalah sekolah mode terkenal di Paris. Semoga dengan kerja sama ini bisa meningkatkan kreativitas para desainer," kata Agus.


(ELG)