Dampak Buruk Adu Argumen di Depan Anak-anak

Timi Trieska Dara    •    Minggu, 02 Sep 2018 18:18 WIB
pernikahankeluarga
Dampak Buruk Adu Argumen di Depan Anak-anak
Dampak Buruk Adu Argumen di Depan Anak-anak (Foto: shutterstock)

Jakarta: Anda mungkin pernah mendengar bahwa tidak sehat jika orangtua bertengkar di depan anak-anak. Sebuah penelitian mengatakan berdebat di depan anak-anak dapat mengubah cara berpikir mereka.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Family Psychology mengatakan terlalu banyak perselisihan keluarga benar-benar dapat mengubah otak anak-anak dan membuat mereka memproses emosi secara berbeda.

Para peneliti terlebih dahulu mengklasifikasikan keluarga yang berpartisipasi yakni keluarga konflik tinggi atau rendah, berdasarkan survei yang diisi oleh para ibu. Kemudian, anak-anak mereka melihat foto pasangan yang tampak marah, bahagia, dan netral, ketika para peneliti mengukur aktivitas otak mereka melalui electroencephalogram (EEG).

Otak anak-anak dalam kelompok konflik tinggi bereaksi lebih kuat terhadap pasangan yang tampak marah daripada mereka yang berada di kelompok rendah konflik. Reaksi serupa dicatat ketika anak-anak melihat pasangan yang bahagia, tetapi diminta untuk memilih yang marah.

Para peneliti mengatakan apa yang mereka saksikan dibawa ke rumah.

"Mereka menyaksikan semua di rumah dengan cara yang sama seperti yang mereka tonton untuk wajah marah dalam penelitian," jelas penulis penelitian Alice Schermerhorn, asisten profesor di Departemen Ilmu Psikologi UVM.

Schermerhorn menambahkan tentang reaksi terhadap pasangan yang tampak bahagia: "Pola ini menunjukkan anak-anak dari rumah konflik tinggi, dengan melatih otak mereka untuk waspada, memproses tanda-tanda emosi interpersonal, baik kemarahan atau kebahagiaan, berbeda dari anak-anak dari rumah berkonflik rendah."

Anak-anak yang menyaksikan orangtua mereka sering berdebat di rumah mungkin berjuang keras di situasi sosial dan memiliki masalah dalam mencari teman. Ada alasan lain untuk membawa konflik Anda ke ruang lain atau tahan dulu perdebatan panas sebelum anak tidur.

 


(ELG)