Berapa Lama Sebaiknya Makanan Disimpan dalam Kulkas?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 08 Sep 2018 13:06 WIB
keluargatips keluarga
Berapa Lama Sebaiknya Makanan Disimpan dalam Kulkas?
Berapa Lama Sebaiknya Makanan Disimpan dalam Kulkas? (Foto: shutterstock)

Jakarta: Makanan yang disimpan terlalu lama dapat menyebabkan keracunan makanan karena sudah tak layak konsumsi.

Berikut adalah beberapa jenis makanan keseharian yang dapat menyebabkan perut bermasalah bila disimpan terlalu lama menurut ahli gizi Jaee Khamkar dari Fortis Hospital, India.

1. Nasi
Bakteri dalam nasi dapat menyebabkan keracunan meskipun dimasak dengan benar. Oleh karena itu, penting untuk menyajikannya dalam keadaan hangat sebelum dikonsumsi. Nasi dapat disimpan selama maksimal tiga hari, sebelum mengering.

2. Sayur
Sayur yang sudah dimasak dapat disimpan dalam kulkas, tapi tak lebih dari 3-4 hari. Pada hari kelima, kualitas gizi akan memburuk dan makanan tersebut akan mulai bau dan kehilangan rasa dan nutrisi secara keseluruhan.

3. Daging ayam dan daging merah
Kedua jenis daging ini sebaiknya tak disimpan lebih dari tiga hari. Bahkan, sebelum disimpan dalam kulkas, daging sebaiknya dimasak dan didinginkan terlebih dahulu dengan tepat. Daging juga disarankan dipanaskan sebelum dimakan.

4. Produk susu
Sebaiknya simpan berbagai jenis produk susu (yogurt, susu, atau krim) dalam kemasan asli. Setelah digunakan dan akan disimpan kembali, pastikan terbungkus dan tertutup dengan benar. Keju dapat bertahan hingga satu bulan, tetapi susu dan yoghurt sebaiknya tak lebih dari lima hari.




 


(ELG)