Empat Alasan Anda Tak Harus Putus dengan Pasangan

Raka Lestari    •    Kamis, 24 May 2018 07:09 WIB
romansapsikologi
Empat Alasan Anda Tak Harus Putus dengan Pasangan
Hampir semua hubungan melewati masa-masa sulit, tetapi sebelum membuat keputusan untuk mengakhiri suatu hubungan, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk memikirkannya. (Foto: Sweet Ice Cream Photography/Unsplash.com)

Jakarta: Mempertahankan hubungan yang sehat dan menyenangkan bukanlah hal yang mudah. Seiring dengan berjalannya waktu, maka romantisme bisa berkurang dan ini biasanya bisa jadi sumber keraguan apakah harus melanjutkan hubungan dengan pasangan atau tidak. 

Dilansir dari Elitedaily.com, berikut anda-tanda bahwa Anda sebaiknya tidak putus dengan pasangan Anda meskipun hubungan Anda tidak menyenangkan seperti di awal.

(Baca juga: Resep Hubungan Langgeng)

1. Selalu mempermasalahkan hal yang sama
Tidak ada yang menginginkan pertengkaran dengan pasangan, apalagi mengenai permasalahan yang sama. Menurut ahli kencan dan terapis pernikahan berlisensi Anita A. Chlipala, memiliki masalah yang "abadi" adalah sesuatu yang normal. 

"Orang-orang keliru percaya bahwa mereka harus setuju tentang setiap permasalahan dengan pasangan mereka dan ini tidak realistis." Menurut Chilipala, yang terpenting adalah bagaimana Anda mengelola perbedaan ini melalui rasa humor, menghargai, dan berkompromi satu sama lain."

"Terkadang orang-orang mengira mereka menjalani hubungan yang salah ketika terjadi konflik, tetapi ini normal. Selama kedua mitra saling menghormati dan mau berkompromi, konflik itu sehat," ujar Chilipala. 


(Menurut Chlipala, cinta yang romantis adalah sesuatu yang akan memudar seiring berjalannya waktu dan untuk mempertahankannya membutuhkan pemeliharaan yang konstan. Foto: Timo Stern/Unsplash.com)

2. Anda tidak memiliki semangat seperti pada awal hubungan
Menurut Chlipala, cinta yang romantis adalah sesuatu yang akan memudar seiring berjalannya waktu dan untuk mempertahankannya membutuhkan pemeliharaan yang konstan.

Jika Anda merasa bahwa hubungan Anda tidak berjalan baik, sebaiknya tanyakan kepada diri Anda apa yang harus dilakukan agar semangat dalam hubungan kembali seperti di awal. 

3. Anda memiliki keraguan apakah mereka belahan jiwa Anda 
Jika Anda memiliki keraguan terhadap pasangan Anda apakah mereka belahan jiwa yang selama ini Anda cari atau bukan, tidak berarti bahwa putus adalah jalan terbaik yang bisa Anda pilih. 

4. Anda mengalami masa-masa sulit
Hampir semua hubungan melewati masa-masa sulit, tetapi sebelum membuat keputusan untuk mengakhiri suatu hubungan, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk memikirkan apakah Anda ingin berpisah atas masalah-masalah yang sebenarnya dapat diperbaiki.




(TIN)