Membangun Ikatan dengan Bayi di Kandungan, Para Ayah Bisa Lakukan Ini

Raka Lestari    •    Rabu, 16 May 2018 13:12 WIB
tumbuh kembang bayi
Membangun Ikatan dengan Bayi di Kandungan, Para Ayah Bisa Lakukan Ini
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Dengan adanya bayi yang berada dalam kandungan sang ibu, secara tidak langsung ibu dan calon bayinya akan memiliki koneksi satu sama lain. Namun, bagaimana dengan para ayah? mereka tidak mengandung lalu bagaimana cara mereka bisa merasakan koneksi dengan bayi yang masih berada dalam kandungan? 

Laurel Wilson, B.S., Konsultan Laktasi Bersertifikat Internasional (IBCLC) menjelaskan kepada Fit Parenting, bersenandung, bernyanyi, dan mengobrol dengan bayi Anda adalah tindakan ikatan prenatal yang membantu menciptakan suasana kehamilan yang damai. 

Dikutip dari Romper berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para calon Ayah untuk menumbuhkan ikatan dengan bayi di dalam kandungan: 

1. Menyapa bayi

"Pada trimester kedua, kelima indera bayi sudah mulai aktif," ujar Dr Jay Warren. "Ucapkan salam dan selamat tinggal kepada bayi di perut ibu saat Anda hendak berangkat atau pulang kerja seperti yang Anda lakukan kepada istri Anda, karena bayi sudah bisa mendengarkan dan sudah memahaminya." 

2. Berbicara dengan calon bayi

Mulailah mengajak calon bayi Anda berbicara. Ini merupakan ikatan yang sangat penting bagi bayi yang ada di dalam perut dan bermanfaat bagi mereka ke depannya. Jangan lupa juga untuk bisa memberikan panggilan khusus bagi calon bayi Anda yang berada di dalam kandungan. 

3. Membacakan dongeng

Merasakan perasaan cinta dan lindungan dari Ayah bisa membuat ikatan keluarga lebih dekat, dan itu bisa dilakukan pada malam hari.  Untuk pengalaman ikatan prenatal yang menyenangkan, Warren merekomendasikan untuk menceritakan dongeng-dongen kepada calon bayi Anda. 

4. Menyanyikan senandung lagu tidur

Para ayah juga bisa menyanyikan lagu pengantar tidur bagi calon bayinya setiap malam. "Ketika mereka sudah lahir Anda akan sering menyanyi untuk mereka ketika mereka akan tidur, jadi Anda mungkin harus mulai membiasakannya sejak mereka belum lahir," kata Warren.

5. Menggosok kaki ibu

Calon Ayah juga bisa membantu para ibu selama kehamilan. Berbelanja makanan apa saja yang dibutuhkan oleh istri Anda, menggosok kaki mereka, atau mengambil alih tugas-tugas rumah adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres para ibu dan membuat para ibu merasa senang yang tentunya berpengaruh bagi bayi Anda. 






(DEV)