Studi: Pria Tak Selalu Tertarik dengan Wanita Lebih Muda

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 07 Apr 2018 18:23 WIB
romansa
Studi: Pria Tak Selalu Tertarik dengan Wanita Lebih Muda
Studi: Pria Tak Selalu Tertarik dengan Wanita Lebih Muda (Foto: istock)

Jakarta: Sebuah studi menemukan sebuah fakta yang berlawanan dengan kepercayaan populer di mana pria cenderung lebih memilih wanita yang seumuran ketika semakin bertambah tua.

Namun, bukan berarti pria tidak memiliki kecenderungan untuk wanita di usia dua puluhan. Faktanya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria usia termuda mengaku tertarik, tanpa tidak peduli berapa usia mereka yaitu, 40 tahun.

Pria masih akan mempertimbangkan hubungan dengan seorang wanita berusia 22 tahun ketika dia berusia 50 dan 60 tahun dan seterusnya.

Di satu sisi, para psikolog di Åbo Akademi University di Turku, Finlandia, menegaskan bahwa wanita memiliki rentang usia yang jauh lebih sempit, lebih memilih pasangan pria yang lebih tua dari mereka atau dekat dengan usia mereka sendiri.

Menurut peneliti Jan Antfolk, preferensi pria untuk wanita yang lebih muda dapat dipahami dalam hal teori evolusi dasar.

"Seleksi alam mungkin telah membentuk strategi seksual laki-laki untuk memasukkan minat khusus pada wanita muda yang sangat subur," katanya.

Tetapi karena wanita, dalam banyak kasus, lebih pilih-pilih sehubungan dengan pasangan seksual, kebanyakan pria tidak dapat menemukan pasangan kecuali motivasi seksual mereka akan lebih inklusif.

Ia melanjutkan, manusia cenderung memiliki hubungan seksual jangka panjang dan ini tidak mungkin jika semua pria hanya tertarik pada wanita muda.

Kesimpulan tersebut didapat berdasarkan sampel 2.655 orang dewasa yang juga menemukan bahwa meskipun pria tertarik pada wanita yang lebih muda, aktivitas seksual mereka mencerminkan rentang usia mereka sendiri. Artinya, meskipun partisipan pria lebih menyukai wanita di usia dua puluhan, mereka mungkin belum tentu cocok secara seksual.

Namun, Antfolk menambahkan bahwa temuan tersebut menegaskan bahwa pria kurang terobsesi dengan pasangan berusia lebih muda.

"Temuan ini mungkin membantu mengendurkan keyakinan bahwa laki-laki hanya tertarik pada wanita muda."


 


(ELG)