Tips agar Anak Anda Tidak Pemilih Makanan

Raka Lestari    •    Senin, 25 Jun 2018 14:36 WIB
keluargatips & trik
Tips agar Anak Anda Tidak Pemilih Makanan
Dikutip dari Today, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak Anda tidak menjadi pemilih dalam makanan lagi. (Foto: Taylor Kiser/Unsplash.com)

Jakarta: Ada beberapa anak yang cenderung pemilih dalam makanan mereka. Dan hal itu tentu saja dapat membuat orang tua menjadi kebingungan.

Mengingat terkadang makanan-makanan yang diplih oleh anak-anak tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Terkadang juga, semakin mereka dipaksa untuk mengonsumsi suatu makanan maka mereka akan semakin keras juga menolak makanan tersebut.

Dikutip dari Today, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak Anda tidak menjadi pemilih dalam makanan lagi.

1. Memberikan contoh
Sebagai orang tua, penting untuk memberikan contoh kepada anak-anak terutama ketika Anda sedang makan. Jika Anda langsung membuang brokoli yang terdapat di makanan Anda, jangan berharap anak Anda akan menyukai brokoli. Meskipun Anda tidak menyukai suatu makanan tertentu, cobalah untuk memberikan contoh dengan memakannya di depan anak Anda.

(Baca juga: Cara Efektif agar Anak Mau Makan Sayuran Hijau)


(Cobalah untuk berpikir lebih kreatif agar anak-anak tidak merasa bosan dan mau mencoba berbagai jenis makanan. Foto: Hal Gatewood/Unsplash.com)

2. Ajak anak Anda berbelanja makanan
Mungkin memang membawa anak-anak berbelanja akan sedikit melelahkan namun mengajak anak Anda berbelanja ke supermarket dapat memberi pelajaran hidup yang berharga bagi mereka. Cobalah bermain gim dengan meminta bantuan mereka memilih produk berdasarkan warna, bentuk, atau karakteristik lain.

3. Mengajak anak-anak memasak bersama
Memasak bersama anak-anak Anda memberi mereka kepercayaan diri di dapur dan mendorong mereka untuk bermain dan menyiapkan makanan mereka sendiri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memasak lebih mungkin mencoba makanan yang mereka siapkan dan tangani sendiri.

4. Menambahkan rasa manis pada sayuran
Cobalah untuk berpikir lebih kreatif agar anak-anak tidak merasa bosan dan mau mencoba berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah dengan menambahkan sentuhan rasa manis pada sayur-sayuran. Misalnya dengan menambahkan madu ke dalam wortel yang dipanggang.

5. Mengajak anak-anak menanam sayuran sendiri
Membuat anak-anak terlibat dalam berkebun dapat bermanfaat bagi kebiasaan makan mereka. Menyajikan hidangan dari sayur-sayuran yang dirawat dan dipelihara oleh mereka sendiri mungkin bisa meningkatkan keinginan mereka untuk mengonsumsi sayur-sayuran.





(TIN)