Apa yang Harus Dilakukan saat Anak Mulai Memukul atau Mengigit?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 11 Mar 2017 09:18 WIB
tumbuh kembang anak
Apa yang Harus Dilakukan saat Anak Mulai Memukul atau Mengigit?
Apa yang Harus Dilakukan saat Anak Mulai Memukul atau Mengigit? (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak kecil cenderung sulit untuk mengontrol emosi, terkadang mereka melampiaskannya dengan memukul atau mengigit orang di sekitarnya.

Memukul atau mencubit adalah perilaku yang normal dilakukan anak berusia di bawah tiga tahun. Sebagai orang tua, cobalah melakukan beberapa hal berikut untuk membuat anak mulai belajar menghilangkan kebiasaan tersebut.


1. Tetap tenang dan terkontrol
Melawan kemarahan dengan kemarahan hanya memperkeruh suasana. Cobalah untuk tetap tenang sehingga bis aikut menenangkan anak. Lakukan beberapa hal yang membuat kemarahan anak mereda, seperti mengajak mereka ke suatu tempat atau mendistraksi dengan kegiatan lain. 

2. Hentikan perilaku tersebut
Jika anak sudah cukup besar dan mengerti bahwa memukul adalah perilaku buruk, maka mulailah tegas. Tak perlu ragu untuk mengatakan, "Tidak, jangan pukul saya." dengan intonasi yang lembut sehingga anak tidak merasa dimarahi. Katakan pada anak bahwa memukul adalah perilaku yang tak baik. 

3. Ajarkan cara pelampiasan lain 
Bantulah anak Anda mencari pelampiasan lain, tidak dengan memukul atau menggigit. Beberapa di antaranya seperti memintanya menghitung satu hingga sepuluh sambil menarik napas pelan, memukul bantal, atau mencoba mengajaknya bercanda agar dirinya membaik. 

4. Menghargai perilaku baik
Selain menegur perilaku buruk, menghargai perilaku baik yang dilakukan anak juga perlu dilakukan agar seimbang. Ketika anak bisa mengontrol perilaku, berikan pujian pada dirinya. 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah dengan siapa anak Anda bermain dan bagaimana perilaku mereka. Bisa jadi, anak berperilaku demikian karena lingkungan ia bermain. 


(ELG)