Do and Don't Saat Berkencan dengan Rekan Kerja

Anindya Legia Putri    •    Jumat, 15 Dec 2017 07:00 WIB
romansapsikologi
Do and Dont Saat Berkencan dengan Rekan Kerja
Baca kebijakan perusahaan Anda, ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan saat Anda merasa terikat dengan rekan Anda. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan permohonan uji materi Pasal 153 Ayat 1 Huruf f Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dengan adanya putusan tersebut, sebuah perusahaan tidak lagi dapat menetapkan aturan yang melarang karyawannya menikah dengan rekan kerja satu kantor.

Selain itu, MK juga menyatakan bahwa aturan perusahaan yang mensyaratkan pekerja atau buruh tidak boleh mempunyai pertalian darah atau perkawinan dengan pekerja lain dalam satu perusahaan, dan menjadikannya sebagai alasan pemutusan hubungan kerja, merupakan hal yang tak patut karena tidak sejalan dengan norma Pasal 28 D Ayat (2) UUD 1945 serta Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan International Covenant on Economic, Social, and Cultural Rights.

Tidak mengherankan jika Anda merasakan kasih sayang atau cinta terhadap rekan kerja Anda, karena Anda menghabiskan banyak waktu berkualitas dengan rekan kerja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di antara wanita pekerja Inggris, 1 dari 3 di antaranya memiliki hubungan romantis dengan rekan mereka.

Tak ada salahnya untuk menikmati kesenangan dengan rekan kerja Anda. Namun jika Anda memiliki hubungan dalam satu kantor, bersiaplah menerima segala akibatnya. Bagi sebagian orang, romantisme di tempat kerja dapat menimbulkan kesengsaraan dan terkadang sulit terjadi. Mari kita bahas beberapa tip yang bisa menyelamatkan Anda dari hubungan romantisme dengan rekan kerja.


(Baca kebijakan perusahaan Anda, ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan saat Anda merasa terikat dengan rekan Anda. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Menikah Dapat Mencegah Demensia)

1. Jangan libatkan diri dengan orang yang sudah menikah
Jika Anda terikat dengan orang yang sudah menikah, maka Anda perlu mengendalikan diri dan mundur. Terlibat dengan orang yang sudah menikah tidak akan pernah didukung oleh rekan Anda dan ada kemungkinan bisa saja merasa malu jika sesuatu terjadi.

2. Diperlukan kebijaksanaan
Anda mungkin tertarik pada kolega Anda, tapi itu tidak berarti Anda membiarkan setiap rekan mengetahui hal tersebut. Jika Anda ingin memiliki romantisme yang berkembang di tempat kerja Anda, maka Anda patut untuk berhati-hati. 

Anda harus selalu ingat bahwa setiap orang memperhatikan Anda di tempat kerja, jadi jika Anda ingin menggoda, maka itu harus dilakukan dengan cara yang halus, sehingga orang lain tidaak perlu mencurigainya.

3. Selalu yakin tentang pasangan Anda
Jika Anda benar-benar jatuh cinta dengan rekan kerja Anda dan ingin memberitahukan kepadanya tentang hal itu, maka Anda harus yakin bahwa orang tersebut juga memiliki perasaan yang sama terhadap Anda. 

Baik untuk mengembangkan persahabatan dengan orang yang Anda inginkan untuk mengetahui lebih banyak tentang perasaannya terhadap Anda. Apalagi menghabiskan lebih banyak waktu sebagai teman akan memastikan hubungan jangka panjang.

4. Baca kebijakan perusahaan
Baca kebijakan perusahaan Anda, ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan saat Anda merasa terikat dengan rekan Anda. Banyak perusahaan tidak mengizinkan hubungan semacam itu karena banyak alasan yang sah dan ini bisa menjadi alasan penting bagi Anda untuk kehilangan pekerjaan Anda.

5. Menikah 
Jika Anda yakin bahwa Anda terikat secara emosional dengan rekan Anda, maka lebih baik Anda merencanakan untuk menikah dalam waktu yang tepat. 









(TIN)