Anjing dan Kucing, Siapa Lebih Pintar?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 02 Dec 2017 06:00 WIB
hewan peliharaan
Anjing dan Kucing, Siapa Lebih Pintar?
Anjing dan Kucing, Siapa Lebih Pintar? (Foto: gettyimages)

Jakarta: Anjing dan kucing adalah hewan yang paling umum dijadikan teman bermain di rumah. Sebuah penelitian menemukan bahwa anjing lebih pintar daripada kucing.

Sebuah studi menemukan bahwa anjing memiliki 530 juta neuron di otak, sementara kucing memiliki kurang dari setengahnya, 250 juta.

Sebagai perbandingan, manusia memiliki 16 miliar neuron dalam otak.

Nauron adalah sel yang berhubungan dengan berpikir, merencanakan, perilaku kompleks, dan berbagai hal yang berhubungan dengan kepandaian.

Para peneliti dari Vanderbilt University mengembangkan sebuah metode yang secara akurat dapat mengukur jumlah neuron pada otak anjing dan kucing.

"Saya percaya jumlah mutlak neuron hewani, terutama di korteks serebral, menentukan kekayaan keadaan mental internal mereka dan kemampuan mereka untuk memprediksi apa yang akan terjadi di lingkungan mereka berdasarkan pengalaman masa lalu," tukas peneliti Suzana Herculano-Houzel.

Meskipun ia mengaku lebih senang dengan anjing, di mana hal tersebut dapat membuatnya menjadi lebih bias, penelitian tersebut menunjukkan bahwa anjing memiliki kemampuan biologis untuk melakukan hal-hal yang lebih kompleks dan fleksibel dalam hidup dibandingkan kucing.

Studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Neuroanatomy tersebut juga menyebutkan bahwa meskipun memiliki jumlah neuron lebih banyak, ukuran otak anjing tak lebih besar dari kucing.

 


(ELG)