Tips Mencegah Pertikaian Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 25 Nov 2017 12:41 WIB
keluarga
Tips Mencegah Pertikaian Anak
Tips Mencegah Pertikaian Anak (Foto: gettyimages)

Jakarta: Anak-anak yang bertengkar tak jarang membuat orang tua merasa pusing. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Menurut sosiolog Paulus Wirutomo, cara mengasuh anak turut berperan sebagai pemicu salah satu konflik keluarga paling umum tersebut.

"Sebaiknya tidak membandingkan anak. Ketika anak merasa dirinya lebih buruk dari saudaranya akibat perkataan orang tua, maka ia akan merasakan kesedihan mendalam," tukasnya dalam acara Puncak Kampanye Frisian Flag Indonesia: 95  Pesan untuk Masa Depan, di Jakarta.

Orang tua sebaiknya menumbuhkan kepercayaan diri pada setiap anak, dibandingkan menilai baik buruk sifat mereka.

Senada dengan Paulus, psikolog klinis Dessy Ilsanti juga mengingatkan pada orang tua bahwa setiap anak adalah pribadi yang unik. Oleh karena itu, jangan meremehkan kemampuan yang dimiliki masing-masing buah hati.

"Ajarkan ke anak-anak bahwa mereka memang berbeda satu sama lain dan itu tak masalah, tak ada yang lebih baik atau lebih buruk," tambahnya dalam kesempatan yang sama.

Ia menyarankan agar anak-anak ditanamkan hal tersebut sejak kecil agar tidak mudah merasa cemburu atau iri dengan sesuatu yang tak sama dengan dirinya.

"Hal ini terlihat sepele namun saat mereka besar akan terasa manfaatnya." tutupnya.

 


(ELG)