Enam Resolusi Tahun Baru yang Paling Umum Dilakukan

Raka Lestari    •    Senin, 01 Jan 2018 10:48 WIB
resolusi
Enam Resolusi Tahun Baru yang Paling Umum Dilakukan
Anda harus memiliki tujuan terstruktur dan menetapkan pos tujuan yang dapat dicapai. Tanpa tujuan terstruktur, orang dapat melakukannya dengan baik selama dua bulan tapi gagal selanjutnya. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Tahun baru saatnya untuk menetapkan resolusi-resolusi yang ingin dicapai di tahun 2018. Namun terkadang, resolusi tahun baru lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Apa saja resolusi tahun baru yang paling umum dilakukan? Dan bagaimana cara untuk melakukannya?

Berikut ini adalah enam daftar resolusi tahun baru paling umum dan cara untuk melakukannya dikutip dari Huffingtonpost.com: 

1. Menurunkan berat badan 
"Menurunkan berat badan membutuhkan pemahaman gizi dan asupan kalori yang cukup baik. Juga membutuhkan lebih banyak pengorbanan, mengubah pola makan, dan kemudian mempertahankannya sampai batas waktu yang tidak ditentukan," ujar Ryan Kelly, seorang psikolog dari Amerika Serikat. 

"Anda harus memiliki tujuan terstruktur dan menetapkan pos tujuan yang dapat dicapai. Tanpa tujuan terstruktur, orang dapat melakukannya dengan baik selama dua atau tiga bulan dengan menurunkan berat badan, namun kemudian kembali ke gaya hidup mereka sebelumnya dan mendapatkan bobotnya kembal," katanya. 

2. Lebih terorganisir
"Hal ini bisa dilakukan dengan memulai dari hal-hal yang kecil. Kebanyakan orang memulainya tanpa melakukan apa-apa untuk mendapatkan hasil yang cepat, tentunya tidak realistis," ujar Amanda Stemen, terapis dari New York.

Jika Anda ingin lebih terorganisir, pilih satu kegiatan kecil yang bisa Anda lakukan selama lima menit sehari sampai Anda bisa terus menerus melakukannya misalnya dengan mengumpulkan baju-baju Anda yang berserakan di lantai kamar. 


(Anda harus memiliki tujuan terstruktur dan menetapkan pos tujuan yang dapat dicapai. Tanpa tujuan terstruktur, orang dapat melakukannya dengan baik selama dua bulan tapi gagal selanjutnya. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Manfaat Liburan Bagi Anak-anak)

3. Belajar untuk mengatakan "tidak"
Tetapkan batasan-batasan untuk apa yang orang lain lakukan atau minta terhadap Anda. "Aku merekomendasikan untuk mempercayai intuisi Anda saat ada sesuatu yang terasa tepat bagi Anda, dan mengatakan tidak jika Anda merasa sesuatu tidak tept bagi Anda," ujar Kari Caroll, terapis dari Oregon, Amerika Serikat. 

4. Lebih sering berlibur
Melakukan travelling adalah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Tidak perlu harus selalu berlibur mewah, Anda bisa berkreasi sendiri dengan hal-hal yang ada di sekitar Anda. Kota-kota yang dekat dari tempat tinggal Anda bisa menjadi pilihan utama. 

5. Menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman dan keluarga
Mulailah dengan mengikuti acara-acara yang diajak oleh teman-teman atau keluarga Anda hingga lama kelamaan Anda bisa menjadi salah satu pencetus ide untuk berkumpul bersama teman-teman atau keluarga Anda. 

6. Mempelajari hal baru atau melakukan hobi baru 
Waktu yang dihabiskan untuk melakukan hal-hal baru atau hobi baru sangat baik untuk Anda lakukan dan dapat dijadikan resolusi tahun baru yang baik.

"Aku berpikir bahwa mencoba hobi dan keterampilan baru itu bagus karena Anda mungkin belajar bahwa Anda sebenarnya tidak menyukai hal yang Anda kira akan Anda lakukan. Dalam hal ini, lebih baik beralih dan beralih ke hal lain," ujar Marie Land, seorang psikolog asal Washington D.C.









(TIN)