Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Berbagai Negara

   •    Kamis, 28 Dec 2017 16:43 WIB
perayaan tahun baru
Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Berbagai Negara
Tradisi bermalam di pekuburan (Chili). (Foto: General-ebooks)

Jakarta: Hampir di seluruh dunia perayaan tahun baru diisi dengan pesta kembang api dan gemuruh suara terompet. Namun di beberapa negara ada tradisi unik saat merayakan malam pergantian tahun.

12 butir anggur
Di Spanyol tradisi merayakan malam pergantian tahun diisi dengan makan buah anggur sebanyak 12 butir. Masyarakat di negara tersebut meyakini siapa saja yang mampu menata 12 butir anggur di mulut pada tengah malam akan mendapatkan keberuntungan di tahun berikutnya.


Sumber: Sandiegored.com


Membunyikan lonceng 108 kali
Orang-orang di Jepang akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali saat perayaan tahun baru. Hal ini juga sejalan dengan kepercayaan penganut agama Budha bahwa bunyi lonceng dapat membawa kesucian dan mendatangkan keberuntungan.

Warna pakaian dalam
Di beberapa negara Amerika Selatan mengenakan pakaian dalam dengan warna tertentu dianggap dapat menentukan nasib seseorang pada tahun baru. Pakaian dalam berwarna merah misalnya diartikan sebagai akan menemukan cinta, warna emas akan menemukan kekayaan, dan warna putih menandakan kedamaian.


Sumber: List25

Menginap di kuburan
Jika biasanya mengunjungi pekuburan hanya untuk pemakaman, orang-orang di Talca, Chili justru akan menginap di sana. Kegiatan ini akan dilakukan dalam rangka merayakan pergantian tahun di tempat orang terkasih dikuburkan. Acara akan diisi dengan penampilan musik klasik lengkap dengan lilin sebagai penerangan.

Serba bulat
Merayakan tahun baru di Filipina identik dengan serba bulat layaknya koin uang logam. Mereka percaya bahwa uang logam dapat membawa kekayaan sehingga apa pun yang dibuat dalam bentuk bulat seperti meja bulat, makanan bulat, akan membawa keberuntungan.


Sumber: Pinterest

Makan untuk kesejahteraan
Umumnya orang akan makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Tapi khusus untuk tahun baru, masyarakat di Estonia akan makan sebanyak tujuh kali di hari itu untuk memastikan bahwa mereka tetap akan sejahtera selama setahun ke depan.

Bicara dengan hewan
Petani di Rumania mencoba memahami hewan mereka dalam ritual berbisik pada tahun baru. Jika hewan merespon bukan hanya mereka berbakat untuk berkomunikasi dengan para hewan namun juga percaya akan mendapat keberuntungan. (Dari berbagai sumber)




(MEL)