5 Tipikal Orang yang Sebaiknya Anda Hindari

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 02 Sep 2017 15:41 WIB
pertemanan
5 Tipikal Orang yang Sebaiknya Anda Hindari
5 Tipikal Orang yang Sebaiknya Anda Hindari (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilihan teman dapat memengaruhi bagaimana diri Anda kelak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari teman yang memiliki sifat tak baik agar tidak menulari Anda.

Berikut adalah beberapa jenis tipikal orang yang sebaiknya tidak perlu dipertahankan dalam menjalani kehidupan Anda.

1. Penggosip
Penggosip adalah tipikal orang yang membuat Anda merasa terlibat secara langsung karena ia membagikan informasi dengan Anda. Namun, ketika seseorang mengajak Anda membicarakan orang lain, maka Anda merasa terperangkap dalam situasi yang 'beracun'.

Selain tak menambah nilai kehidupan, Anda juga akan berpikir orang tersebut akan membicarakan Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Penggosip umumnya akan mengomentari kinerja orang lain dan bila Anda selalu terbuka, ia akan terus mendatangi Anda. Orang lain yang melihat Anda selalu bersama dengan tipikal orang ini akan menganggap Anda sebagai seorang penggosip juga.

2. Pemanipulasi
Orang yang memanipulasi tahu apa yang mereka inginkan dan akan memanfaatkan orang lain untuk mencapainya. Mereka tak peduli dengan pikiran dan perasaan orang lain. Semakin banyak waktu yang dihabiskan dengan orang ini, semakin sedikit kekuatan yang Anda miliki untuk menjadi diri sendiri.

Ada berbagai cara memanipulasi orang lain, namun kebanyakan strategi yang dipakai adalah berperan sebagai korban. Misalnya, pemanipulasi akan bertingkah seakan dirinya adalah pihak yang dirugikan sehingga orang lain akan berkorban untuknya.

3. Senang menghakimi
Tipikal orang ini tak pernah mencoba mengerti bagaimana rasanya menjadi orang lain, mereka hanya melihat dari sudut pandang mereka. Menghabiskan waktu dengan orang seperti ini hanya akan membuat Anda semakin depresi karena Anda tak bisa menyenangkan hati mereka dan pendapat mereka terkadang menyakiti Anda.

Ketika Anda akrab dengan orang yang senang menghakimi, Anda tak akan pernah berada di sisi yang benar.

4. Suka melebih-lebihkan
Tipikal orang ini selalu menganggap semua masalah besar. Umumnya, mereka akan bergumam. 'Anda tak pernah ...' atau 'Anda selalu saja ...' dimana mereka tak mempertimbangkan langkah yang telah Anda ambil untuk menyelesaikan masalah atau memperbaiki kesalahan Anda.

Ketika Anda melakukan kesalahan di depan tipikal orang ini, maka mereka akan melabeli Anda sebagai pembuat masalah.

5. Mudah menunjukkan emosi
Tipikal orang ini senang membicarakan perasaan mereka namun tak pernah melakukannya secara konstruktif. Mereka selalu memberitahu bagaimana cara membuat mereka lebih baik namun tak pernah melakukan hal serupa saat mengalami situasi buruk.

Mereka yang senang menunjukkan emosi cenderung hanya terjebak dalam perasaan mereka namun tak memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

 


(ELG)