Perhatikan Ini Sebelum Memutuskan untuk Memelihara Anjing

   •    Selasa, 08 Aug 2017 16:47 WIB
keluargahewan peliharaan
Perhatikan Ini Sebelum Memutuskan untuk Memelihara Anjing
Ilustrasi. (MI/Gino F Hadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memutuskan untuk memiliki hewan sebagai peliharaan tak bisa sembarangan. Hewan yang sangat jinak sekalipun, kemungkinan menyerang sebagai bagian dari insting dan sifat bawaan tetap harus diwaspadai.

Umumnya, orang akan memilih anjing, kelinci, atau kucing sebagai peliharaan. Sebelum memutuskan untuk memiliki salah satunya, calon pemilik harus benar-benar memahami karakter atau sifat dasar hewan yang akan dipelihara.

Salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah alat apa yang bisa digunakan untuk menolong orang manakala hewan peliharaan balik menyerang. Misalnya anjing jenis pitbull. Karakter anjing pitbull dapat dilihat dari rahangnya.

Rahang yang keras adalah senjata anjing pitbull untuk menyerang korban. Anjing tipe petarung dan pekerja ini akan menggigit korbannya saat menyerang dan menguncinya dengan keras hingga korban terkapar tak berdaya.

"Pemilik harus mengetahui lebih dulu alat apa yang bisa dipakai untuk membuka mulutnya. Kita sebut breaking stick, seperti kayu yang dimasukkan ke rahang kemudian dibuka. Itu satu-satunya cara untuk membuka locking jaw," ujar Dokter Hewan Wywy Gaulda March, dalam Newsline, Selasa 8 Agustus 2017.

Wywy mengatakan sulit menolong orang yang terkena terkaman anjing untuk dilepaskan, kecuali mungkin oleh pemiliknya dengan menggunakan alat tertentu. Karenanya, Wywy mengingatkan bagi para pemilik agar memastikan peliharaannya tetap terkontrol.

Selain karakter, pola serangan, dan antisipasi, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan oleh calon pemilik hewan peliharaan.

Di antaranya kesehatan, untuk mencegah penularan penyakit antara hewan ke manusia. Kemudian pastikan hewan yang dipelihara dipenuhi sesuai kebutuhannya. Faktor finansial pun harus jadi perhatian. Sebab pemilik harus komitmen untuk menjaga kesejahteraan peliharaan.

Kesejahteraan hewan artinya bebas dari lapar dan haus, bebas dari ketidaknyamanan, bebas dari rasa sakit dan penyakit, bebas dari perilaku normal dan alamiah, serta bebas dari tekanan dan stres.

"Faktor terakhir inilah yang sering kurang diperhatikan pemilik. Harus dipahami bahwa hewan dengan sifat atau karakter yang butuh latihan fisik, ketika dia hanya diikat atau dikandangkan akan menyebabkan stres yang bisa membuat mereka lebih brutal dan agresif," jelas Wywy.




(MEL)