Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tak Meninggalkan Botol Terisi Air di Mobil

Yatin Suleha    •    Rabu, 26 Jul 2017 11:32 WIB
tips & trik
Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tak Meninggalkan Botol Terisi Air di Mobil
Dioni Amuchastegui, seorang Station Battery Technician merasa kaget bahwa hal sepele seperti meninggalkan botol air kemasan dapat memicu api. (Foto: Chakrit Yenti/Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang membawa air kemasan ke mana pun mereka pergi. Dari berangkat ke kantor, ke sekolah, bahkan saat sedang berolahraga. Namun, tak jarang Anda juga meninggalkannya di dalam mobil. 

Pada sebuah percobaan yang diposting oleh Idaho Power terhadap botol plastik dengan isi air di dalam mobil yang terparkir, ternyata bisa menimbulkan percikan api yang bisa sangat membahayakan keamanan.Terutama apalagi jika Anda meninggalkannya di tempat parkir terbuka tanpa atap, dengan langsung terkena sinar matahari secara langsung.



Pada percobaan yang didokumentasikan oleh Idaho Power dengan judul "Safety Check: Water Bottle in a Hot Car" ditemukan bahwa jok mobil yang terkena pantulan sinar matahari dari botol berisi air minum ternyata meninggalkan bekas terbakar.

(Baca juga: Sistem Keselamatan yang Membuat Mobil Jadi 'Kaleng Kerupuk')

Dioni Amuchastegui, seorang Station Battery Technician merasa kaget bahwa hal sepele seperti meninggalkan botol air kemasan dapat memicu api.

"Mudahnya seperti ini, botol yang Anda tinggalkan dengan isi air terkena sinar matahari melalui jendela mobil. Dan air dalam kemasan yang memanas layaknya kaca pembesar dan memanaskan satu titik tertentu di jok mobil Anda. Jika diteruskan, maka api bisa membakar spot di jok tersebut, dan mungkin banyak bagian lagi di dalam mobil Anda. Dan ini tentu sangat berbahaya!" tegas Dioni.



"Aku sampai harus melihat dua kali tanda hitam untuk memastikan apakah titik hitam seperti noda terbakar itu karena sebuah botol berisi air yang aku tinggalkan di dalam mobil atau bukan," ucap Dioni.

Dioni berpesan, bila Anda ingin meninggalkan botol kemasan terisi air di dalam mobil, hindari dari terkena sinar matahari langsung. "Cari tempat teduh untuk menyimpan botol air di dalam mobil Anda agar selalu aman," ujar Dioni.











(TIN)