Cara Mencegah agar Tidak Membuang Makanan di Rumah

Raka Lestari    •    Selasa, 07 Aug 2018 12:07 WIB
tips & trik
Cara Mencegah agar Tidak Membuang Makanan di Rumah
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi limbah makanan di rumah. (Foto: Allef Vinicius/Unsplash.com)

Jakarta: Limbah makanan merupakan salah satu permaasalahan yang dialami oleh banyak negara di berbagai belahan dunia. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memulainya dari dalam rumah. 

Yang bisa dilakukan adalah dengan berusaha mengurangi banyaknya sisa makanan yang terbuang di rumah. Hal ini dilakukan karena sisa makanan tersebut jika dibiarkan terus menerus akan berdampak negatif pula bagi lingkungan sekitar. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi limbah makanan di rumah.

1. Hanya membeli apa yang Anda butuhkan
Usahakan sebisa mungkin untuk membeli bahan-bahan makanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Cobalah untuk membeli dalam jumlah kecil daripada langsung membeli dalam jumlah besar namun tidak terpakai dan akhirnya malah membuang sisa makanan yang tersisa tersebut. 

(Baca juga: 10 Cara Memanfaatkan Sisa Makanan Agar Tak Terbuang)


(Cobalah untuk membeli dalam jumlah kecil daripada langsung membeli dalam jumlah besar. Foto: Chan/Unsplash.com)

2. Dibekukan
Jika Anda membeli bahan makanan yang bisa disimpan dalam freezer, seperti daging-dagingan bisa menyimpan sisa yang tidak terpakai ke dalam freezer. Atau bahkan buah-buahan dan sayur-sayuran yang tersisa juga bisa Anda masukkan ke dalam freezer dan digunakan sebagai smoothies atau masakan lainnya. 

3. Gunakan bahan makanan yang lebih awal dibeli
Cara terbaik untuk mengatur kulkas dan lemari penyimpanan Anda adalah dengan menyimpan barang-barang yang lebih lama di bagian depan dan meletakkan yang lebih baru ke belakang.

Dengan begitu Anda akan lebih cepat menggunakan bahan makanan atau barang yang lebih lama sehingga tidak terlanjur kedaluwarsa. 

4. Perhatikan cara penyimpanannya
Saat Anda memasukkan berbagai bahan makanan seperti susu, makanan yang sudah dimasak dan daging di lemari es, pastikan untuk membungkusnya dengan erat dengan menggunakan plastic wrap atau menyimpannya dalam wadah yang kedap udara.

Untuk bahan makanan yang kering, seperti pasta, tepung, rempah-rempah dan kacang-kacangan, masukkan dalam toples kaca dengan segel karet agar kesegarannya tetap terjaga.

5. Pastikan porsi yang tepat
Ketika sedang memasak suatu masakan, pastikan Anda membuatnya dalam porsi yang tepat. Hal ini dilakukan agar tidak membuang makanan yang tersisa. Misalnya, jika dalam kemasan diharuskan menggunakan seluruh bahan namun menurut Anda itu merupakan jumlah yang sangat banyak maka Anda tidak perlu mengikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan tersebut.




(TIN)