Enam Kiat Melatih Bayi Tidur Sendiri

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 10 Jan 2019 11:39 WIB
perkembangan anak
Enam Kiat Melatih Bayi Tidur Sendiri
Berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk membuat bayi Anda tidur sendirian. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Membuat bayi tertidur memang sedikit tricky. Banyak dari mereka malah seperti bad mood atau jadinya malah menangis ketika akan tidur.

Nah, ketika buah hati Anda sudah berumur enam bulan, Anda bisa mencoba membantu mereka tidur sendiri sepanjang malam dan menjadikannya kebiasaan.

Terlebih lagi bagi Anda orang tua yang bekerja, hal ini menjadi lebih penting. Di bawah ini ada beberapa tips sederhana untuk membuat bayi Anda tidur sendirian:

1. Memilih tempat
Anda disarankan untuk memilih tempat tidurnya, bisa di tempat tidur yang terpisah namun masih di dalam kamar yang sama, atau di kamar yang berbeda. Tapi di mana pun tempat yang Anda pilih, pastikan cocok dengan bayi Anda.

2. Membuat bayi kenyang
Salah satu alasan mengapa bayi bangun pada malam hari adalah mereka merasa lapar. Pastikan Anda memberi makanan bergizi setiap saat terutama sebelum waktu tidurnya. Jika bayi Anda masih disusui, maka Anda bisa menyusuinya di tempat tidur saat malam hari.


(Ketika buah hati Anda sudah berumur 6 bulan, Anda bisa mencoba membantu mereka tidur sendiri sepanjang malam dan menjadikannya kebiasaan. Foto: Dakota Corbin/Unsplash.com)

(Baca juga: Kapankah Sebaiknya Bayi Tidur Menggunakan Bantal?)

3. Perdengarkan musik yang menenangkan
Bayi dapat merespons musik dengan baik bahkan ketika mereka di dalam kandungan. Maka dari itu Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat mereka tertidur.

4. Tempatkan lampu hangat
Tidak semua bayi menyukai ruangan gelap. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan lampu hangat sehingga bayi tak akan terganggu oleh cahaya terang. Lampu hangat juga akan memberikan nuansa santai dan damai untuk kamar bayi Anda.

5. Menjaga emosi bayi pada siang hari
Setelah seharian beraktivitas, wajar bila bayi Anda merasa lelah, bingung, mudah marah dan menunjukkan tanda-tanda gelisah.

Ketika mereka merasa lelah pada siang hari, akan mencegah mereka tidur nyenyak saat malam hari. Itulah sebabnya Anda harus menciptakan suasana asyik dan damai ketika bermain siang hari.

6. Berikan pijatan pada bayi
Sebelum tidur, berikan pijatan lembut untuk menghilangkan stres dan tubuh yang lelah. Saat tubuh bayi Anda rileks, akan membuatnya tidur nyentak lebih cepat dari biasanya.




(TIN)