Dukungan dari Pasangan Berpengaruh Terhadap Kesuksesan

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 15 Aug 2017 11:59 WIB
studi kesehatan
Dukungan dari Pasangan Berpengaruh Terhadap Kesuksesan
(Foto: Indian Express)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahukah Anda hal apa yang cenderung membuat seseorang berpikir bahwa mereka bisa sukses? Menurut sebuah penelitian, hubungan yang suportif adalah jawabannya.

Para psikolog dari The Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang yang memiliki pasangan yang suportif cenderung berani mengambil tantangan sehingga merasaka  perkembangan personal, kebahagiaan, kesejahteraan psikologis, dan fungsi hubungan yang lebih baik berbulan-bulan kemudian.

"Kami menemukan bahwa dukungan pada ide untuk membuat puncak keputusan spesifik, seperti mengejar peluang kerja atau mencari teman baru, sangat penting untuk kesejahteraan jangka panjang mereka," ujar pemimpin studi Brooke Feeney.

Para peneliti mengajak 163 pasangan suami istri ke dalam sebuah laboratorium dan memberikan tiap salah satu pasangan sebuah pilihan: menyelesaikan puzzle sederhana atau diberi kesempatan untuk berkompetisi untuk sebuah hadiah dengan cara berpidato.

Para peneliti merekam interaksi pasangan saat memutuskan untuk mengambil tantangan atau tidak.

Peserta dengan pasangan yang lebih berani pada hakekatnya cenderung memutuskan untuk berkompetisi, sementara mereka yang memiliki pasangan yang tak memberanikam mereka atau mengekpreaikan ketidakpercayadirian cenderung memilih puzzle sederhana.

Enam bulan kemudian, partisipan yang memilih berkompetisi dilaporkan memiliki perkembangan personal, kebahagiaan, kesejahteraan psikologis dan hubungan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memilih tantangan tersebut.

Lalu tipikal otang seperti apa yang bisa membuat pasangan menjadi lebih sukses? Para peneliti menyimpulkan bahwa pasangan yang paling suportif mengekspresikan antusiasme tentang kesempatan, menentramkan hati pasangan mereka, dan cenderung membicarakan potensi manfaat dari mengambil tantangan.

"Seseorang yang penting dapat membantu Anda berkembang melalui menggapai kesempatan hidup," tambahnya.

Atau justru sebaliknya, ia menambahkan, mereka dapat menghalangi pasangan untuk berkembang di dalam hidupnya.


 


(DEV)