Lajang dan Ingin Mendapatkan Pacar? Lakukan Hal Berikut

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 30 Jun 2017 19:11 WIB
romansa
Lajang dan Ingin Mendapatkan Pacar? Lakukan Hal Berikut
Terapi hubungan mulai mendapat perhatian sejak Rachel Lindsay, bintang dalam 'The Bachelorette' berdiskusi dan menjalani terapi. (Foto: Independent.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang mulai melakukan terapi sebagai salah satu solusi dari gangguan mental yang dialami, dari masalah kecanduan hingga pasca depresi. 

Namun, ada salah satu jenis terapi yang terbilang jarang dilakukan, yaitu terapi hubungan. Meskipun diasumsikan untuk mereka yang tengah menjalani hubungan atau sekumpulan orang, para terapis mengungkapkan bahwa terapi hubungan juga dapat memberikan manfaat pada orang lajang di masa depan kelak. 

Terapi hubungan mulai mendapat perhatian sejak Rachel Lindsay, bintang dalam 'The Bachelorette' yang berdiskusi dengan salah satu kontestan tentang bagaimana pasangan tersebut menjalani terapi hubungan setelah putus. 

Menurut mereka, terapi tersebut mempengaruhi bagaimana mereka melihat diri mereka sendiri dan kualitas yang mereka cari dari pasangan mereka. 



Terapi tersebut membuat seseorang bertanggung jawab pada tindakannya. Terapi tersebut juga membuat Anda memikirkan mengapa Anda melakukan hal-hal yang telah Anda lakukan dan memikirkan bagaimana tindakan Anda mempengaruhi orang lain. 

"Selain mengembangkan karakter dan meningkatkan pemahaman pada diri sendiri, Anda harus berbicara dengan orang yang membantu Anda melepaskan pertahanan dan bersikap jujur pada diri sendiri," tukas pelatih perpisahan Chelsea Leigh Trescott pada INSIDER. 

Ia menjelaskan, individu lajang yang menjalani terapi hubungan belajar menciptakan dinamika yang mengharuskan Anda menyelidiki kandidat seperti apa yang penting untuk cinta. 

Terapi hubungan membantu Anda membuka diri pada hubungan romantis dan hubungan keluarga dimana mereka yang memiliki luka kecil dari keluarga dapat belajar untuk mendapatkan hubungan yang sehat dengan sesama. 

(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Pangeran William dan Kate Middleton Tidak Pernah Terlihat "Bermesraan")

"Kami memiliki pelatihan untuk mengeksplorasi pola di dalam keluarga asal dan hubungan sebelumnya yang mungkin mempengaruhi mereka di masa sekarang," terapis Cassie Len.

"Sebagai terapis pasangan, kami menemukan bahwa orang mencari pasangan yang mengingatkan mereka pada pengasuh utama mereka untuk memutar ulang luka masa kecil dengan harapan hasil yang berbeda. Ketika saya melihat individu yang melakukan terapi, saya merasa penting untuk memproses luka-luka itu untuk mengubah interaksi masa depan dengan pasangannya nanti."



Terapi hubungan yang dilakukan seorang lajang juga bertujuan untuk menyadarkan diri bahwa mencintai diri sendiri adalah hal penting dimana Anda tak bisa memperbaiki hubungan dengan orang lain bila tidak mencintai diri sendiri terlebih dahulu. 

Anda bisa memulai terapi hubungan kapan pun Anda merasa membutuhkannya. Trescott mendorong orang untuk memulai terapi setelah putus cinta. 

"Salah satu alasan mengapa saya menyarankan waktu itu adalah supaya mereka terdorong keluar dari momen putus dan menginvestasikan pelatihan hubungan dimana secara perlahan mereka menganggap terapi sebagai 'hadiah' dari putus cinta," paparnya. 

Hadiah tersebut adalah kesempatan untuk melibatkan hati mereka lagi dan merefleksikan diri tentang cara mereka mencintai. 









(TIN)