Hindari Kalimat Ini Ketika Menghibur Sahabat yang Putus Cinta

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 14 May 2017 11:23 WIB
romansa
Hindari Kalimat Ini Ketika Menghibur Sahabat yang Putus Cinta
Ilustrasi (Foto: The List)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menghibur teman yang sedang bersedih adalah salah satu fungsi dari sebuah persahabatan. Namun, setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda dengan konsep tersebut.

Salah satu penyebab seseorang merasa sedih adalah putus cinta. Menghiburnya adalah salah satu hal yang bisa dilakukan agar mereka merasa lebih baik. Namun, ada beberapa kata-kata yang justru membuat suasana hatinya memburuk. Apa sajakah itu?

1. Saya tahu bagaimana rasanya

Meskipun Anda juga pernah merasakan putus cinta, tak ada yang benar-benar tahu perasaan pasti seseorang saat menghadapinya. Setiap orang adalah unik dan kemungkinan merasa Anda meremehkan pengalaman mereka dengan membandingkannya dengan pengalaman Anda.

Cobalah katakan, "Anda terlihat sangat tersakiti, beritahu saya bagaimana rasanya," dan dengarkan ceritanya tanpa menginterupsi dengan cerita Anda.

2. Lupakan saja

Tak jarang orang yang putus cinta tak bisa berhenti bercerita tentang mantan pasangan mereka dan Anda sebagai pendengar merasa bosan. Namun, menyuruh teman Anda untuk berhenti membicarakannya hanya akan semakin menyakiti perasaannya. Cukup dengarkan karena kelak fase tersebut akan berlalu.

3. Masih banyak pria/wanita lain

Seiring berjalannya waktu, seseorang pasti akan menemukan orang baru dalam hidupnya. Namun, hindari mengatakan hal demikian bila teman Anda baru saja patah hati. Berikan mereka waktu dan yakinkan mereka bahwa mereka ada pribadi yang baik.

4. Saya juga tak suka dengannya

Tak sedikit orang yang memberi dukungan pada temannya dengan mengatakan hal tak menyenangkan terkait mantan pasangan teman. Namun, hal itu tak selalu berujung dengan respons positif. Meskipun sudah tak bersama, kemungkinan teman Anda masih memiliki perasaan pada mantan pasangan dan perkataan itu hanya akan membuatnya semakin sedih.

5. Sayang sekali, padahal saya senang dengannya

Berlawanan dengan sebelumnya, Anda justru menyayangkan berahirnya hubungan romansa teman Anda. Perkataan tersebut tentunya akan semakin membuat sedih teman Anda.

6. Dia akan meminta kembali padamu

Salah satu hal yang diinginkan orang yang baru saja putus cinta adalah kembali ke pasangan mereka, yang bisa jadi terjadi atau tidak sama sekali. Meskipun bertujuan menghibur, meyakinkannya semua akan kembali seperti semula bukanlah tindakan yang bijak. Bahkan, teman Anda bisa semakin bersedih.  

7. Tetaplah kuat

Kalimat baik ini dalam beberapa kondisi justru merapuhkan. Saat putus cinta, perasaan sedih yang dikubur tak akan membantu proses penyembuhan emosional. Oleh karena itu, biarkan mereka melampiaskan kesedihan dengan menjadi pendengar yang baik.


(DEV)