Studi: Orang yang Senang Memaki Cenderung Lebih Jujur dan Dapat Dipercaya

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 29 Apr 2018 14:02 WIB
psikologi
Studi: Orang yang Senang Memaki Cenderung Lebih Jujur dan Dapat Dipercaya
Studi: Orang yang Senang Memaki Cenderung Lebih Jujur dan Dapat Dipercaya (Foto: shutterstock)

Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang jarang memaki cenderung lebih tidak jujur dan licik dibandingkan mereka yang bermulut pedas.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Social Psychological and Personality Science tersebut meneliti 276 orang untuk mengetahui bagaimana dan mengapa mereka mengutuk.

Para peneliti dari Universitas Cambridge tersebut menyimpulkan bahwa mereka yang suka memaki cenderung lebih terbuka dan jujur.

Para peserta diminta untuk membuat daftar kata-kata makian favorit dan diberikan survei terkait setuju atau tidak dengan beberapa pernyataan untuk melihat kecenderungan untuk tidak jujur.

Studi ini menemukan bahwa kelompok yang paling jujur juga merupakan  kelompok yang paling suka memaki atau mengumpat.

"Jika Anda mencoba mengikuti norma sosial daripada mengatakan apa yang Anda pikirkan, Anda mengatakan apa yang orang ingin dengar," ujar peneliti Dr David Stillwell.

“Dalam hal itu, Anda tidak terlalu jujur. Setidaknya orang-orang yang mengumpat mengatakan apa yang sebenarnya mereka pikirkan."

Tim penelitian juga melihat pada unggahan media sosial Facebook dari 75 ribu orang dan menemukan adanya kolerasi yang serupa. Mereka yang mengunggah pesan singkat dan sederhana memiliki kecenderungan memaki paling kecil.


(ELG)