Memberikan Tugas pada Anak Dapat Berdampak pada Kehidupannya Mendatang

Raka Lestari    •    Kamis, 21 Jun 2018 10:13 WIB
keluargapsikologi
Memberikan Tugas pada Anak Dapat Berdampak pada Kehidupannya Mendatang
"Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang diberi tugas dari usia muda lebih siap secara akademis, fisik, dan bahkan lebih profesional di kemudian hari," menurut The Wall Street Journal. (Foto: Courtesy of Rawpixel.com/Fotolia)

Jakarta: Memberikan tanggung jawab pada anak-anak untuk mengerjakan tugas-tugas rumah ternyata dapat memberikan dampak positif pada kehidupannya di masa depan. 

Mengajarkan anak-anak untuk membantu tugas-tugas di rumah seperti mencuci piring atau merapikan tempat tidur mereka dapat memengaruhi perkembangan mereka di masa mendatang. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Mississippi, menyuruh anak-anak Anda melakukan pekerjaan sejak usia 3 atau 4 tahun dapat mengubah perilaku mereka dan mengarahkan perkembangan mereka. 

"Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang diberi tugas dari usia muda lebih siap secara akademis, fisik, dan bahkan lebih profesional di kemudian hari," menurut The Wall Street Journal.

(Baca juga: Cara Mengapresiasi Si Kecil dengan Tidak Berlebihan)


(Mengajarkan anak-anak untuk membantu tugas-tugas di rumah seperti mencuci piring atau merapikan tempat tidur mereka dapat memengaruhi perkembangan mereka di masa mendatang. Foto: Annie Spratt/Unsplash.com)

Studi ini menunjukkan bahwa rutinitas, tanggung jawab, dan ketelitian yang diperlukan saat mengerjakan tugas di rumah memungkinkan mereka untuk mulai memahami kebutuhan orang lain, sama seperti ketika mereka meminta sesuatu dari orang lain, yang mengarah pada kebiasaan belajar, etika kerja profesional, dan pencapaian pribadi yang lebih baik. 

Psikolog Eileen Kennedy-Moore Ph.D. mengatakan kepada Psychology Today bahwa memberikan tugas kepada anak-anak lebih dari sekadar membersihkan dinding Anda atau toilet digosok tetapi untuk lebih menanamkan rasa tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain kepada anak Anda. 

"Meminta anak Anda untuk melakukan tugas-tugas juga mengajarkan kepada mereka bahwa dengan menjadi bagian dari keluarga berarti harus mau melakukan sesuatu untuk kebaikan," katanya. 

Meskipun terkadang orang tua ingin melakukan semuanya sendiri karena jika anak-anak yang melakukan tugas rumah tidak sebaik Anda, itu bukanlah tindakan yang tepat karena ada nilai-nilai positif dari memberikan tanggung jawab kepada anak-anak untuk menyelesaikan tugas rumah. 




(TIN)